Repository Universitas Andalas

Neraca Air Periode Pengolahan Tanah Pada Sawah Bukaan Baru di daerah Irigasi Batang Hari Kabupaten Dharmasraya

Weri, Rasvina (2008) Neraca Air Periode Pengolahan Tanah Pada Sawah Bukaan Baru di daerah Irigasi Batang Hari Kabupaten Dharmasraya. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian..

[img]
Preview
PDF (Neraca Air Periode Pengolahan Tanah Pada Sawah Bukaan Baru di daerah Irigasi Batang Hari Kabupaten Dharmasraya) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (723Kb) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Neraca Air Periode Pengolahan Tanah pada Sawah Bukaan Baru di Daerah Irigasi Batang Hari Jorong Padang Tarok Kanagarian Koto Salak Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya dimulai pada bulan Juni sampai dengan Juli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui neraca air pada petakan sawah bukaan baru periode pengolahan tanah di Daerah Irigasi Batang Hari Kabupaten Dharmasraya. Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Pertam4 Analisis neraca air yang terdiri dari pengukuran langsung dilapangan yaitu mengetahui nilai debit air masuk dan keluar dari petakan sawah, perkolasi, evaporasi dan curah hujan. Keduq analisa tanah dilakukan di laboratorium untuk mengetahui sifat fisik tanah (kadar air tanah, berat volume, total ruang pori, dan tekstur tanah). Analisis neraca air diperoleh dari komponen air masuk (tnput) selama periode pengolahan tanah yang terdiri dari curah hujan dan air irigasi pada inlet dan komponen air keluar (output) yang terdiri dari evaporasi, perkolasi, air irigasi pada outlet, seepage, air tersimpan (storage) rata-rata adalah 15,56 mm/hari. Seteiah dilakukan Analisa sifat fisik tanah diperoleh kadar air tanah awal62,56 %, kadar air tanah akhir 81,87 %, nilai BV 1,165 %o, TRP 56,05 %, tekstur tanah adalah liat. Kebutuhan air periode pengolahan tanah pada sawah bukaan baru adalah 450 mm, rata-rata perhari 15 mm/hari termasuk besar disebabkan oleh belum terbentuknya lapisan tapak bajak dengan sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:27
Last Modified: 11 Oct 2011 08:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

View Item View Item