Repository Universitas Andalas

Kapabilitas Responsif Pemerintah Kota Bukittinggi dalam Peningkatan Kesejahteraan Perekonomian Pedagang di BTC

Zelfia, Zelfia (2008) Kapabilitas Responsif Pemerintah Kota Bukittinggi dalam Peningkatan Kesejahteraan Perekonomian Pedagang di BTC. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Kapabilitas Responsif Pemerintah Kota Bukittinggi dalam Peningkatan Kesejahteraan Perekonomian Pedagang di BTC) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (590Kb) | Preview

Abstract

BTC (Banto Trade Centre) adalah salah satu kebijakan Pemko Bukiuinggi yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat, menggali potensi daerah serta untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Namun pada kenyataannya, pada tahap implementasi BTC telah menimbulkan perrnasalahan baru dimana menurunnya perekonomian pedagang di BTC dari hari ke hari, semua pihak terkait telah dirugikan yaitu pihak investor, Pemko dan pedagang. Untuk itu tujuan dari skripsi ini adalah peneliti ingin menjelaskan bagaimana kapabilitas responsif Pemerintah Kota Bukittinggi dalam peningkatan kesejahteraan perekonomian pedagang di BTC. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem politik yaitu pada teori kapabilitas responsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan di Kota Bukittinggi khususnya di Kantor Walikota, DPRD dan BTC dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling untuk informan primer sedangkan untuk informan biasa peneliti memakai telcntk aksidental. Sedangkan analisis data dilakukan secara etik dan emik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kapabilitas responsif Pemerintah Kota Bukittinggi dalam peningkatan kesejahteraan perekonomian pedagang di BTC masih belum maksimal atau bisa dikatakan masih rendah. Hal ini terbukti dengan tindakan- tindakan yang telah dilakukan Pemko tidak berjalan maksimal sehingga pedagang masih belum bisa merasakan manfaat atau keunfungan dari peranan pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan perekonomian pedagang di BTC , padahal pedagang di BTC sudah sering menuntut kepada Pemko Bukittinggi. untuk langkah selanjutnya Pemerintah akan melakukan evaluasi, kajian-kajian dan melakukan koordinasi dengan pihak investor dan pedagang agar BTC bisa berjalan optimal sehingga perekonomian pedagang di BTC bisa sejahtera.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 11 Oct 2011 07:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15036

Actions (login required)

View Item View Item