Repository Universitas Andalas

Perilaku Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Terhadap Konsumen Plaza Payakumbuh)

AFRIANTI, AFRIANTI (2008) Perilaku Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Terhadap Konsumen Plaza Payakumbuh). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Perilaku Konsumen Pada Pasar Modern (Studi Terhadap Konsumen Plaza Payakumbuh)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (622Kb) | Preview

Abstract

Secara sosiologi, pesatnya perkembangan pasar modern dan informasi tentang gaya hidup yang terjadi di kota-kota besar juga terjadi di kota Payakumbuh. Plaza Payakumbuh secaftr administratif terkesan seolatr merupakan pasar modern yang terdapat di kota Payakumbuh dan sekitarnya dengan memilliki ciri yang secara arsitektrn dirancang tinggi dan megatr yang memiliki lebih dari tiga lantai bersih, nyaman, mutu barang dapat dipertanggung jawabkan, waktu pembayaran yang cepat" dan mempunyai fasilitas yang lengkap. Dengan tampilan fisik yang moderno mewah dan nyaman. Orang berkunjung tidak hanya memenuhi kebutuhan terhadap suatu barang dan jasa tetapi juga memanfaatkan waktu luang (leisure activity). Sementara dari sisi menajemen pasar dikelola secara profesional. Dalam penelitian ini digunakan teori Pertukaran Perilaku Sosial. Metode yang digrrnakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitiannya deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dengan menggunakan accidental sampling (secara kebetulan). Unit analisisnya adalah konsumen yang melakukan aktivitas konsurnsi di Plaza Payakumbuh. Analisis data menggunakan metode deskriptif yakni data yang diperoleh dilapangan disusun secara sistematis dan disajikan secam deskriptif sehingga dapat memberikan garrbaran yang lebih tajam tentang fenomena yang terjadi dan akhirnya dapat memberi kesimpulan. Data yang didapat dianalisa dengan teknik trianggulasi yakni sebagai pembanding dari data yang didapat konsumen yang melakukan aktivitas konsumsi di Plaza Payakumbuh. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Plaza Payakumbuh merubah pola belanja yang dahulunya dijalani oleh masyarakat Kota Payakumbuh yang berbelanja di pasar Tradisional. Dengan pola baru seperti itu membentuk perilaku sosial baru kepada konsumen. Ke Plaza bukan semata-mata untuk belanja tetapi juga berwisata belanja Vang sudah menjadi kebutuhan individu mengikuti perkembangan zaman. Alasan-alasan konsumen melakukan aktivitas konsumsi di Plaza Payakumbuh di dasarkan oleh faktor internal dan eksternal. perilaku konsumen melakukan aktivitas konsumsi di Plaza Payakumbuh tidak hanya belar{a tetapi juga berekreasi, hanya sekedar lihat-lihat, jalan-jalan, cuci mata mejeng, dan main game di pla,a.. Plaza juga menyediakan makan yang nyaman (foodcourt). Selain itu di plaza juga dijadikan tempat pacaran bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 04 Oct 2011 07:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item