Repository Universitas Andalas

Strategi Pemerintah dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Sumatera Barat

Heriandi, Aldo (2008) Strategi Pemerintah dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Sumatera Barat. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Strategi Pemerintah dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (528Kb) | Preview

Abstract

Sejak 2005 lalu, pemerintah telah menetapkan Sumatera Barat sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Indonesia. Sektor pariwisata di Sumatera Barat mempunyai prospek yang tinggi untuk dikembangkan. Keindahan alam dan budaya Minangkabau di Propinsi Sumatera Barat sudah terkenal dan mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai objek pariwisata. Umumnya tiap kabupaten dan kota di Sumateru Barut mempunyai obyek pariwisata minimal satu kategori yang potensi untuk dijadikan daerah tujuan wisata alam dan budaya. Sayangnya potensi yang sudah ada tersebut (keindahan alam kawasan yang merupakan perpaduan antara pegunungan, lembah, danau dan pantai dengan budaya yang unik) belum dikelola secara baik sehingga industri pariwisata nyaris tidak berkembang. Oleh sebab itu, dalam upaya membangkitkan kembali industri pariwisata yang telah lama "tertidur", maka diperlukanlah strategi-strategi yang tepat sehingea pariwisaata di Sumatera Barat bisa bangkit dan bisa berkembang lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan Teori Exchange. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatatan kualitatif dengan tipe penelitian bersifat deskriptif. Sementara itu, informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi terlibat dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian ddiperoleh kesimpulan bahwa ada beberapa strategi yang diupayakan oleh pemerintah Sumatera Barat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat. Strategi tersebut adalah mengolah potensi wisata yang ada sebagai daya tarik wisata, membangun sarana dan prasarana atau fasilitas umum yang menunjang pengembangan produk wisata, mempromosikan atau memasarkan produk pariwisata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 05 Oct 2011 03:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15040

Actions (login required)

View Item View Item