Repository Universitas Andalas

Kinerja Puskesmas Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan

LESTARI, SRI (2008) Kinerja Puskesmas Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Kinerja Puskesmas Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (593Kb) | Preview

Abstract

Otonomi daerah merupakan wujud dari desentralisasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Melalui desentralisasi berbagai kewenangan diserahkan oleh pemerintah kepada pemerintah daerah. Salah satu kewenangan yang diserahkan kepada pemerintah daerah adalah kewenangan dalam penyelenggarrum pelayanan, di antara jenis pelayanan yang bersentuhan langsung dengan banyak adalah pelayanan kesehatan. Dalam PP No 38 tahun 2007 juga disebutkan mengenai umsan pemerintahan, dimana urusan pemerintahan terdiri atas urusan pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah dan unrsan pemerintahan yang dibagi bersama antar tingkatan dan susunan pemerintahan. Dan salah satu urusan pemerintahan tersebut meliputi bidang kesehatan. Bidang kesehatan merupakan bidang yang signifikan sebab ia terkait langsung dengan masyarakat. Penelitian ini digunakan dengan sejumlah konsep yang relevan dengan permasalahn penelitian yaitu konsep kinerja dan konsep pelayanan, Dimana kinerja merupakan suatu hasil kerja yang dapat dicapai oleh seseorilng atau sekelompok orang dalam suatu organisasi sesuai dengan tanggungjawab masing- masing. Dalam hal pelayanan dianggap masih ditemukan berbagai ketuhan dari masyarakat karena ketidakpuasan dalam proses pelayanan yang ada. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, sedanekan data dikumpulkan dengan teknik wawancara terstruktur, observasi dan data dokumen Analisis datadilakukan melalui perspektif etik dan ernik. Sementara uji triangulasi dilakukan dengan teknik fimgdasi sumber data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam hal kinerja Puskesmas Tanjong Emas Kabupaten Tanah Datar datam pemberian pelayanan kesehatan belum sesuai dengan harapan masyarakat. Hat ini ditandai dengan ketikpt'asan masyarakat terhadap pelayanan yang diterima dalam artian masyarakat kecewa dengan apa yang diterima dan dirasakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 05 Oct 2011 03:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item