Repository Universitas Andalas

Upaya Penggali Pasir, Batu dan Kerikil "Sirtukil" dalam Menyiasati Pemenuhan Kebutuhan Hidup Keluarga (Studi pada Penggali Sirtukil di Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang)

Imran, Imran (2008) Upaya Penggali Pasir, Batu dan Kerikil "Sirtukil" dalam Menyiasati Pemenuhan Kebutuhan Hidup Keluarga (Studi pada Penggali Sirtukil di Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Upaya Penggali Pasir, Batu dan Kerikil "Sirtukil" dalam Menyiasati Pemenuhan Kebutuhan Hidup Keluarga (Studi pada Penggali Sirtukil di Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (579Kb) | Preview

Abstract

Kota padang mempunyai sungai sebanyak 21 buah dan telah mengalami penurunan mutu yang disebabkan oleh aktifitas penggalian masyarakat sekitar. Sebagai masyarakat yang tinggal di daerah sekitar aliran sungai, menjadikan sungai sebagai sumber mata pencarian untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Aktifitas penggalian "sirtukil' salah satunya terdapat di aliran Sungai Batang Kuranji Kota Padang. Penduduk -vang tinggal di sekitar aliran sungai mengantungkan kehidupan mereka di sungai yaitu dengan menjadi buruh penggali pasir. Rata-rata penghasilan mereka adalah Rp. 40.000 - Rp. 50.000 / hari, dengan oenghasialan di bawah standar ini menarik untuk diteliti dengan rumusan pertanyaan "Bagaimana penggali sirtukil mensiasati pemenuhan kebutuhan hidup keluarga di saat tidak bisa bekerja maksimal". Tujuan penelitian ini adalah mendeskrinsikan upaya-upaya kelompok penggali sirtukil dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial )'ang dikemukakan oleh Weber yang mengkaji tetang tindakan-tindakan subjektif atau yang disebut dengan tindakan penuh arti yang dilakukan kelompok penggali sirtukil dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengambilan inforrnari dilakukan dengan teknik purposive sampling (disengaja). Dalam pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, bahwa upaya-upaya yang dilakukan penggali sirtukil dalam mensiasati pemenuhan kebutuhan hidup keluarga dengan cara berhutang dan mencari pekerjaan sampingan. Berhutang biasanya diarahkan pada warung-warung yang ada disekitar ternpat tinegal. berhutang pada sanak saudara dan juga teman sesama pekerja. Pekerjaan sampingan dilakukan dalam bentuk buruh tani dan buruh bangunan pada musim tertentu. Kadang menabung jika mempunyai pendaoatan lebih dengan tujuan untuk berjaga jaga. Kendala yang dihadapi penggali sirfukil dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup keluarga berupa faktor pendidikan, truk yang jarang masuk ke lokasi penggalian dan cuaca yang tidak begitu fluktuatif pada musim- musim tertentu. Sedangkalr solidaritas antar sesama penggali sirtukil masih tercipta dengan baik. Solidaritas sosial mereka diwujudkan dalam bentuk memberikan bantuan berupa moril dan materil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 04 Oct 2011 04:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15046

Actions (login required)

View Item View Item