Repository Universitas Andalas

PENGARUH SUBSTITUSI SANTAN DENGAN SUSU KEDELAI TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK DODOL TEPUNG MOCAF

M, Anggia Dewi (2008) PENGARUH SUBSTITUSI SANTAN DENGAN SUSU KEDELAI TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK DODOL TEPUNG MOCAF. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH SUBSTITUSI SANTAN DENGAN SUSU KEDELAI TERHADAP SIFAT FISIKOKIMIA DAN ORGANOLEPTIK DODOL TEPUNG MOCAF) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (597Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul "Pengaruh Substitusi Santan dengan Susu Kedelai terhadap Sifat Fisikokimia dan Organoleptik Dodol Tepung Mocaf" telah dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian dan Laboratorium Non-Ruminansia Program Studi Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas, pada bulan April hingga Mei 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi santan dengan susu kedelai terhadap sifat fisikokimia dan organoleptik dodol tepung mocaf sehingga didapatkan jumlah substitusi santan dengan susu kedelai yang tepat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data pengamatan dianalisa dengan uji F dan jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji DNMRT (Duncan's New Multiple Range Test) pada taraf nyata 5%. Perlakuan dalam penelitian ini adalah substitusi santan dengan susu kedelai dengan tingkat substitusi yaitu 500:0, 450:50, 400:100, 350:150, 300:200 dan 250:250. Analisa dilakukan terhadap nilai rata- rata dari hasil uji organoleptik dan uji kekenyalan, sehingga dapat ditentukan produk terbaik untuk dilakukan analisis seperti kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar gula total, kadar karbohidrat dan nilai energinya. Hasil penilaian menunjukkan produk yang paling disukai adalah produk dengan perlakuan E yaitu dodol dengan substitusi santan dan susu kedelai 300:200, serta nilai kekenyalan yang bagus yaitu 4. Produk dodol dengan perbandingan ini memiliki kadar air sebesar 15,19%, kadar abu 0,13%, kadar protein 4,21%, kadar lemak 9,58%, kadar gula total 29,96%, kadar karbohidrat 70,89% dan nilai energi 396,7 Kkal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 12 Jul 2011 07:26
Last Modified: 05 Oct 2011 09:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15049

Actions (login required)

View Item View Item