Repository Universitas Andalas

Jaringan Praktek Donor Darah Bayaran di R.S.U.P DR M Djamil Padang

Reknowiliandi, Reknowiliandi (2008) Jaringan Praktek Donor Darah Bayaran di R.S.U.P DR M Djamil Padang. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Jaringan Praktek Donor Darah Bayaran di R.S.U.P DR M Djamil Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (567Kb) | Preview

Abstract

Setiap pasien yang membutuhkan transfusi darah seharusnya dipenuhi dan dilayani oleh pihak PMI, karena PMI adalah lembaga yang legal dan dipercaya oleh pemerintah untuk menyediakan darah, tetapi karena pasokan dari pendonor tidak mencukupi maka munculah apa yang disebut dengan "donor darah bayaran". Hal ini sebenarnya merupakan praktek yang tidak diharapkan oleh pihak PMI.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara mendalam. Analisis data menggunakan metode deskriptif yaitu data yang diperoleh dilapangan disusun secara sisternatis dan disajikan secara deskriptif sehingga dapat memberikan gambaran tentang masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan kajian pertukaran sosial rnelalui kerangka pemikiran Homans yang banyak membahas tentang reward dan punishment. Gambaran yang akan dideskripsikan adalah Mengungkap dan meyakinkan bahwa pnaktek "donor darah bayaran" merupakan jaringan Dalam praktek donor darah bayaran, aktor marketing yang mempunyai peran paling mempengaruhi. Aktor ini yang akan mengelola permintaan akan darah dari aktor pengguna dengan mencarikan para pendonor bayaran sebagai donor pengganti agar aktor peminta memperoleh tranfusi darah. Aktor marketing mencari keluarga pasien yang membutuhkan darah. Dari proses yang dilakukan oleh aktor marketing, mereka mendapatkan keuntungan berupa uang karena sesuai dengan kesepakatan jumlah uang yang harus dibayar keluarga pasierq mereka tidak memberikan sepenuhnya kepada pendonor melainkan telah dipotong terlebih dahulu. Selain aktor marketing yang mencarikan aktor pendonor untuk keluarga pasien (pengguna), dalam realita dilapangan penelitijuga menomukan bahwa ada keluarga pasien yang secara langsung berhubungan dengan pendonor. Ketika permintaan darah dari pengguna tidak bisa dicukupi oleh pendonor, maka ia akan mencarikan pendonor darah bayaran yang lain unfuk mencukupinya. Aktor pendonor yang mencarikan aktor pcndonor darah bayaran yang lain inilah yang disebut sebagai aktor pegghubung seperti yang tergambar dibagian atas. Aktor penghubung ini dalam realita dilapangan mcrcka cenderung bersifat fleksibel, karena mereka bisa menjadi pendonor darah bayaran dan juga bisa menjadi penghubung antara alctor pengguna dengan pendonor darah bayaran yang lainnya,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:51
Last Modified: 10 Oct 2011 07:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15059

Actions (login required)

View Item View Item