Repository Universitas Andalas

PENGEMBANGAN SISTEM PENGUKURAN FLUKTUASI TEKANAN DENGAN MIKROFON DAN SOTWARE HP VEE AGILENT

Naim, Endi (2008) PENGEMBANGAN SISTEM PENGUKURAN FLUKTUASI TEKANAN DENGAN MIKROFON DAN SOTWARE HP VEE AGILENT. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SISTEM PENGUKURAN FLUKTUASI TEKANAN DENGAN MIKROFON DAN SOTWARE HP VEE AGILENT) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (484Kb) | Preview

Abstract

HP VEE Agilent merupakan salah satu software pemrograman grafis dalam analisis pengukuran. HP VEE Agilent tidak memprogram, memberikan alur tercepat dan fokus dalam menyelesaikan masalah engineering. Pengukuran fluktuasi tekanan pada pelat adalah penelitian yang dilakukan dalam penyelesaian tugas akhir ini. Dalam pengukuran ini, menggunakan mikrofon sebagai sensor, soundcard sebagai hardware dan HP VEE Agilent sebagai software. Penggabungan elemen- elemen tersebut dapat dikatakan sebagai suatu sistem akuisisi data yang berbasis komputer. Dalam pengembangannya diharapkan menjadi salah satu sistem pengukuran yang ada pada jurusan teknik mesin, khususnya laboratorium dinamika fiuida. Dalam penelitian digunakan turbulator sebagai gangguan yang diberikan pada sensor mikrofon yang ada pada pelat. Dengan memvariasikan antara jarak turbulator dan sensor, diketahui bahwa jarak terdekat dengan sensor memiliki intensitas turbulensi yang besar dibanding dengan jarak yang terjauh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 Jun 2011 22:58
Last Modified: 06 Oct 2011 02:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15072

Actions (login required)

View Item View Item