Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN GAMBAR KATA DAN BILANGAN DENGAN KELUARAN SUARA.

SYAHPUTRA., HENDRA (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN GAMBAR KATA DAN BILANGAN DENGAN KELUARAN SUARA. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGENALAN GAMBAR KATA DAN BILANGAN DENGAN KELUARAN SUARA. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (543Kb) | Preview

Abstract

Perkembangan teknalogi ktrnputer yang sengat pesat telah memicu perkembangan suatu sistem otomatisasi ktmputer. Sistem ini dikenal dengan computer vision. Computer vision pada dasarnya bekerja layaknya penglihatan manusia. Mata menusia bekerja sebagai pusat penglihatan yang akan mengirimkan informasi ke otak dan pada akhirnya objek yang dilihat akan dikenali. Prinsip inilah yang menjadi landasan pada computer vision. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan implementasi sistem untuk pengenalan objek berupa huruf atau angka, kota dan bilangan. Ada 3 tahapan utama dalam implememtasi sistem ini. Yang pertama adalah proses segmeniasi, labelisasi dan filtering. Tahap kedua adalah ekstraksi karakter objek yang dilakukan dengan metode integral proyeksi. Tahap yang ketiga atau terakhir adalah pencocokan data dengan metode template matching. Setiap karakter memiliki data atau grafik integral proyeksi yang berbeda sehingga memudahkan untuk proses pencocokan karakter. Lalu hasil pencocokan ini dibaca dan dibunyikan aleh software Indotts. Pengujian dilakakan dengan perlakuan variasi warna pada objeh, warna latar objek dan variasi jarak tangkap webcam terhadap objek Dari hasil penelitian, sistem ini telah dapat melakukan pengenalan dan pembacaan cukup baik pada batasan tertentu. Variasi warna objek tidak terlalu mempengaruhi keluaran dari sistem. Tapi variasi warna latar objek yang mendekati warni objek dan variasi jarak antara webcam dengan abjek sangat mempengaruhi keluaran dari sistem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:49
Last Modified: 04 Oct 2011 04:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15083

Actions (login required)

View Item View Item