Repository Universitas Andalas

PERANAN ZAKAT DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pengelolaan Zakat Oleh Bazis Semen padang)

Suslawati, Dessi (2008) PERANAN ZAKAT DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pengelolaan Zakat Oleh Bazis Semen padang). Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERANAN ZAKAT DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Pengelolaan Zakat Oleh Bazis Semen padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (569Kb) | Preview

Abstract

Indonesia dewasa ini mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan yang menyebabkan kacaunya kehidupan perekonomian Indonesia, kemudian lahirlah istilah ekonomi kerakyatan yang bertujuan untuk memperbaiki iklim demokrasi yang berkeadilan sosial, yang memfokuskan perhatian pada upaya pemberdayaan masyarakat ekonomi lemah, maka dalam rangka menumbuhkan kekuatan ekonomi mayarakat ekonomi lemah dan pengusaha kecil dapat ditarik alternatif pemecahan masalah yaitu melalui pengelolaan dan pengembangan zakat. Dengan adanya ajaran zakat diharapkan dapat membantu mengurangi terjadinya ketimpangan sosial dan meningkatkan taraf kehidupan perekonomian rakyat. Hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik untuk membahasnya dalam karya tulis berbentuk skripsi. Adapun permasalahan yang penulis angkat ialah Pertama : bagaimanakah sistem pengelolaan zakat yang dilakukan oleh bazis semen padang; Kedua : apakah zakat yang dikelola oleh bazis Semen Padang sudah berfungsi sebagai sarana pembangunan ekonomi masyarakat, Ketiga: kendala-kendala apa yang dihadapi oleh bazis Semen Padang dalam pengelolaan zakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 29 Jun 2011 14:52
Last Modified: 11 Oct 2011 03:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15088

Actions (login required)

View Item View Item