Repository Universitas Andalas

Pengaruh Maleic Hydrazide terhadap Sterilitas Polen Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis (L) Savi ex Haask)

RZ, Gendari Agustin (2008) Pengaruh Maleic Hydrazide terhadap Sterilitas Polen Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis (L) Savi ex Haask). Other thesis, Fakultas MIPA..

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Maleic Hydrazide terhadap Sterilitas Polen Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis (L) Savi ex Haask)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (527Kb) | Preview

Abstract

Penelitian Tentang Pengaruh Maleic Hydrazide terhadap Sterilitas Polen Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis (L) Savi ex Haask) telah dilakukan dari bulan Maret sampai Juni 2010 di rumah kawat dan di Laboratorium Struktur dan Perkembangan Tumbuhan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsentrasi Maleic Hydrazide yang palng efektif dalam menginduksi sterilitas jantan kacang panjang, unfuk mengetahui waktu pemberian maleic hydrazide yang paling efektif untuk menginduksi sterilitas jantan kacang panjang, dan untuk mengetahui efek perlakuan konsentrasi dan waktu pembsrian maleic hydrazide terhadap jumlah bunga. Penelitian ini menggunakan metoda Rancangan Acak Lengkap (RAL) pada faktorial 4x3 dengan 3 ulangan. Perlakuan terdiri dari 2 faktor yaitu konsentrasi terdiri dari 4 faktor dan waktu pemberian maleic hydrazide terdiri dari 3 faktor. Jumlah bunga yang diamati dengan mikroskop pada masing- masing individu yaitu 10 bunga. Parameter yang diamati yaitu persentase polen steril, jumlah bunga, jumlah bunga Bugur, jumlah buah, dan jumlah biji per buah. Data pengamatan dianalisa secara sidik ragam, apabila berbeda nyata dilakukan uji lanjut dengan Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf nyata 5% dan 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi dan waktu pemberian maleic hydrazide yang paling efektif untuk menginduksi sterilitas jantan kacang panjang adalah 100 ppm pada 20, 30, dan 40 hari setelah tanam (hst) dan pemberian maleic hydrazide sampai konsentrasi 200 ppm dan waktu pemberian sebanyak 3 kali (20, 30, dan 40 hari) tidak berpengaruh terhadap jumlah bunga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 29 Jun 2011 11:58
Last Modified: 07 Oct 2011 09:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item