Repository Universitas Andalas

PENGARUH KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBELAJARAN ORGANISASI MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (STUDI KASUS PERBANKAN DI SUMATERA BARAT)

Pramana, Ario (2008) PENGARUH KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBELAJARAN ORGANISASI MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (STUDI KASUS PERBANKAN DI SUMATERA BARAT). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMBELAJARAN ORGANISASI MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (STUDI KASUS PERBANKAN DI SUMATERA BARAT)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (678Kb) | Preview

Abstract

Teknologi informasi adalah aset strategis dalam penciptaan keuntungan kompetitif. Penguasaan teknologi informasi yang lebih baik dan cepat merupakan hal yang penting untuk mempertahankan sebuah organisasi atau perusahaan untuk tetap bertahan dalam era kompetisi bebas saat ini. Sedangkan, kemampuan pembelajaran organisasi mempengaruhi efektivitas kemampuan pengembangan organisasi. Penelitian yang dilakukan terhadap bank-bank umum yang ada di Sumatera Barat ini dimulai dengan mengetahui konsep kemampuan teknologi informasi dan kemampuan pembelajaran organisasi, kemudian dengan memandang kemampuan teknologi informasi sebagai variabel independen dan kemampuan pembelajaran organisasi sebagai variabel dependen hingga bisa diketahui pengaruh kemampuan teknologi informasi terhadap kemampuan pembelajaran organisasi. Structural Equation Modeling merupakan teknik analisis yang memungkinkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relatif rumit secara simultan. Hubungan yang rumit itu dapat dibangun antara satu atau beberapa variabel independen dengan satu atau beberapa variabel dependen. Masing-masing variabel dapat berbentuk faktor atau konstruk yang dibangun dari beberapa indikator. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan teknologi informasi mempengaruhi kemampuan pembelajaran organisasi. Dimana setiap 1 nilai kemampuan teknologi informasi akan menaikan 0,296 nilai kemampuan pembelajaran organisasi. Selain itu 1 nilai kemampuan teknologi informasi juga akan menaikan 0,319 nilai Transfer Knowledge, 0,296 nilai Managerial Commitment, 0,166 nilai System Perspective dan 0,136 nilai Openness and Experimentations.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 29 Jun 2011 11:56
Last Modified: 10 Oct 2011 03:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item View Item