Repository Universitas Andalas

Pertumbuhan Bibit Tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.) Kultivar FHIA-25 yang Diinokulasi dengan Beberapa Dosis Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Glomus sp. + Acaulospora sp.

Contesa, Emelda (2008) Pertumbuhan Bibit Tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.) Kultivar FHIA-25 yang Diinokulasi dengan Beberapa Dosis Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Glomus sp. + Acaulospora sp. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (Pertumbuhan Bibit Tanaman Pisang (Musa paradisiaca L.) Kultivar FHIA-25 yang Diinokulasi dengan Beberapa Dosis Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Glomus sp. + Acaulospora sp.) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (757Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pertumbuhan bibit tanaman pisang (Musa paradisiaca L.) Kultivar FHIA-25 yang diinokulasi dengan beberapa dosis inokulan Fungi Mikoriza Arbuskula (FMA) Glamus sp. + Acaulospora sp. telah dilakukan dari bulan November 2009 sampai April 2010 di Rumah Kawat dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan bibit tanaman pisang (Musa paradisiaca L.) Kultivm FHIA-25 yang diinokulasi dengan beberapa dosis inokulan FMA multispora (Glomus sp. + Acaulospora sp.). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan terdiri dari tanpa inokulasi (kontrol), inokulasi Glomus sp. + Acaulospora sp. (25 g/polybag, 50 glpolybag dan 100 g/polybag). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik inokulasi Glomus sp. + Acaulospora sp. memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap tinggi, diameter, jumlah daun dan bobot kering bibit yang berumur tiga bulan. Namun pemberian 50 gram dan 100 gram inokulan Glomus sp. + Acaulospora sp. memiliki derajat infeksi akar bibit tanaman pisang Kultivar FHIA-25 sangat tinggi (87,78 % dan 87,22 %). Secara umum, bibit tanaman pisang Kultivar FHIA-25 memiliki ketergantungan terhadap inokulasi Glomus sp. + Acaulospora sp. dengan mycorrhizal dependency kriteria kurang ketergantungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:49
Last Modified: 27 Sep 2011 06:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15116

Actions (login required)

View Item View Item