Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN JARAK TEMPUH PERGERAKAN OBJEK MENGGUNAKAN KAMERA CMUCAM3

Zainal, Ronal (2008) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN JARAK TEMPUH PERGERAKAN OBJEK MENGGUNAKAN KAMERA CMUCAM3. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF ( PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGUKURAN JARAK TEMPUH PERGERAKAN OBJEK MENGGUNAKAN KAMERA CMUCAM3) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (623Kb) | Preview

Abstract

Teknologi informasi telah memberikan kemudahan pada manusia torhadap pengenalan suatu objek. Banyak informasi yang didapatkan dari sebuah objek, baik berupa wana, ukuran maupun pergerakannya. Visual yang diperoleh kamera sebenarnya sama dengan hasil visual mata manusia yang dalam prosesnya tentu berbeda. Yang berbeda pada kamera adalah hasil rekaman objek tidak dapat langsung diterjemahkan seperti mata manusia. Pada kamera, hasil pengamatannya berupa video yang tersusun dari beberapa frame yang berurutan. Melalui pengamatan titik tengah objek secara berkala oleh CMUcam3, akan dapat dihitung besar pergerakan jarak tempuh suatu objek yang bergerak.Dengan jarak normal kamera terhadap latar tempat pergerakan objek sebesar 100 cm dan dilakukan 10 macam pengukuran yaitu 10cm, 20 cm,30 cm, 40 cm, 50 cm, 60 cm, 70 cm, 80 cm, 90 cm dan 100 cm dengan 20 kali pengukuran untuk tiap macam ukuran didapatkan standard enor pengukuran sebesar 0,735.Kekurangan sistem pengukuran jarak tempuh objek menggunakan kamera CMUcam3 ini dibandingkan penggaris adalah standard error yang relatif lebih besar, namun keunggulannya yang tidak dimiliki penggaris adalah pengukuran yang dapat dilakukan secara real time.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:48
Last Modified: 04 Oct 2011 07:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15122

Actions (login required)

View Item View Item