Repository Universitas Andalas

STUDI EKSPLORATIF TERHADAP LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN ATAS LAPORAN KEUANGAN KABUPATEN/KOTA YANG MEMPEROLEH OPINI WAJAR DENGAN PENGECUALIAN MENGGUNAKAN CONTENT ANALYSIS.

SARI, VITA FITRIA (2008) STUDI EKSPLORATIF TERHADAP LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN ATAS LAPORAN KEUANGAN KABUPATEN/KOTA YANG MEMPEROLEH OPINI WAJAR DENGAN PENGECUALIAN MENGGUNAKAN CONTENT ANALYSIS. Masters thesis, Paca Sarjana.

[img]
Preview
PDF (STUDI EKSPLORATIF TERHADAP LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN ATAS LAPORAN KEUANGAN KABUPATEN/KOTA YANG MEMPEROLEH OPINI WAJAR DENGAN PENGECUALIAN MENGGUNAKAN CONTENT ANALYSIS. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (551Kb) | Preview

Abstract

Berdasarkan data BPK (2009), sebagian besar laporan keuangan-pemerintah daerah di Indonesia memperoleh oplni wajar dengan pengecualian dari BPK' Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akun-akun apa saja yang sering muncul sebagai akun yang dikecualikan dalam laporan hasil pemeriksaan BPK dan permasalahan yang terdapat dalam akun-akun yang dikecualikan tersebut. Ini akan bermanfaat dalam menentukan masalah terkait dengan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dimana belum pernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. walaupun studi ini tidak menjelaskan penyebab akun-akun tersebut dikecuaiikan, namun dengan mengetahui akun-akun apa saja yang dikecualikan akan membantu pemerintah daerah dalam menetapkan berbagai kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas iaporan keuangan pemerintah daerah. Dengan menggunakan content analysis, maka pengkodean terhadap akun-akun yang dikecualikan dilakukan berdasarkan komponen laporan keuangan pemerintah daerah yang terdapat dalamstandar Akuntansi pemerintah, sedangkan untuk permasalahan yang terdapat dalam akun-akun yang dikecua]ikan tersebut dilakukan berdasarkan kriteria kewajaran laporan keuangan pemerintah daerah menurut BPK. Data partisipan menunjukkan bahwa pada pada neraca akun yang sering muncul sebagai akun yang dikecualikan adalah aset, dimanana aset lancar yang memberikan konstribusi terbesar sebagai akun yang dikecualikan. sedangkan pada akun yang sering muncul sehagai akun yang dikecualikan pada laporan realisasi anggaran adalah belania, khususnya belanja operasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:45
Last Modified: 04 Oct 2011 04:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15128

Actions (login required)

View Item View Item