Repository Universitas Andalas

PENGARUH UMUR DAN VOLTASE STIMULASI LISTRIK TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR LEMAK DAN KBEMPUKAN OTOT Longissimas dorsi KERBAU (Bubalus bubalis)

Fitriansyah, Soni (2008) PENGARUH UMUR DAN VOLTASE STIMULASI LISTRIK TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR LEMAK DAN KBEMPUKAN OTOT Longissimas dorsi KERBAU (Bubalus bubalis). Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH UMUR DAN VOLTASE STIMULASI LISTRIK TERHADAP KADAR PROTEIN, KADAR LEMAK DAN KBEMPUKAN OTOT Longissimas dorsi KERBAU (Bubalus bubalis)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (606Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh umur, voltase stimulasi listrik dan interaksi antara umur dan voltase stimulasi listrik terhadap kadar protein, kadar lemak dan keempukan otot Longissimus dorsi ternak kerbau. Materi penelitian menggunakan daging kerbau yaitu otot Longissimus dorsi sebanyak + 3.150 gram yang diambil di Rumah Potong Hewan (RPH) Bandarbuat Padang. Metode penelitian ini adaleh percobaan faktorial dengan rancangan petak terbagi dalam RAK 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor umur sebagai petak utama dan faktor voltase stimulasi listrik sebagai anak petak. Peubah yang diamati adalah kadar protein, kadar lemak dan keempukan. untuk uji lanjut menggunakan Duncan's (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor umur tidak berpengaruh terhadap kadar protein (p > 0,05), tetapi fak;tor stimulasi listrik menunjukkan pengaruh yang berbeda sangat nyata (p < 0,01). Untuk kadar lemak faktor umur menunjukan pengaruh yang berbeda nyata (p < 0,05), tetapi faklor stimulasi listrik tidak berbeda (p > 0,05). Untuk keempukan faktor umur menunjukan pengaruh nyata (p < 0,05) dan faktor stimulasi listrik berpengaruh sangat nyata terhadap otot daging kerbau (p < 0,01).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:47
Last Modified: 07 Oct 2011 07:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item