Repository Universitas Andalas

ANALISIS USAHA PEMELIHARAAN TERNAK KERBAU BIBIT DI KELURAHAN PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Yuliana, Rina (2008) ANALISIS USAHA PEMELIHARAAN TERNAK KERBAU BIBIT DI KELURAHAN PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS USAHA PEMELIHARAAN TERNAK KERBAU BIBIT DI KELURAHAN PULAU KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (608Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar tanggal I Februari sampai I Maret 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aspek teknis pemeliharaan ternak kerbau, (2) Aspek ekonomis pemeliharaan ternak kerbau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan wawaneara langsung dengan responden penelitian. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Solvin sebanyak 45 sampel. Sampel diambil dengan teknik acak sederhan4 jumlah sampel di masing-masing desa ditetapkan secara proporsional random Hasil penelitian menunjukkan bahwa : jenis bibit yang digunakan adalah kerbau lumpur dengan performans reproduksi ; umur dewasa kelamin ternak kerbau 600lo petemak berumur >36 bulan, umur melahirkan pertama 88,89% peternak umur 48-60 bulan, lama kebuntingan rata-rata 11 bulan, interval kelahiran rata-rata 13-28 bulan. Pakan yang diberikan 100% rumput lapangan, sistem pemeliharaan yang digunakan adalah penggembalaan di lapangan pada siang hari. Dalam perkandangan 53,33% petemak memiliki kandang dan 46,67% tidak memiliki kandang. Kesehatan/penyakit ditemukan 11,1106 ternak yang terserang penyakit. Dalam hal pemasiuan pembeli langsung datang ke kandang/lokasi. Rata-rata pendapatan peternak Rp 7.078.941 untuk satu tahun, NC Ratio sebesar 2,1 dimana usaha tersebut sudah menguntungkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 03 Jul 2011 12:47
Last Modified: 12 Oct 2011 04:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15135

Actions (login required)

View Item View Item