Repository Universitas Andalas

PENGEMBANGAN MULTICHANNEL HOTWIRE ANEMOMETER UNTUK ALAT UKUR KECEPATAN UDARA DENGAN BANYAK SENSOR

Pratama, Erlangga (2008) PENGEMBANGAN MULTICHANNEL HOTWIRE ANEMOMETER UNTUK ALAT UKUR KECEPATAN UDARA DENGAN BANYAK SENSOR. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTICHANNEL HOTWIRE ANEMOMETER UNTUK ALAT UKUR KECEPATAN UDARA DENGAN BANYAK SENSOR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (500Kb) | Preview

Abstract

Hotwire anemometer multichanel adalah alat yang digunakan untuk menentukan kecepatan udara dalam dua dimensi ataupun tiga dimensi dan juga digunakan untuk mengukur kecepatan udara pada beberapa titik pengukuran dalam satu waktu secara sekaligus. Alat ini dirancang menggunakan sensor hotwire dan rangkaian hotwire anemometer dan diuji di dalam sesi uji terowongan angin (wind tunnel) Laboratorium Dinamika Fluida Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas. Pengujian dilakukan dengan metode squarer check, static test dan dinamic test. Alat ini berhasil dibuat dengan parameter keluaran yang didapatkan dalam pengujian pada setiap sensor adalah distribusi kecepatan, sinyal time domain, power spectrum, RMS (Root Means Square) agar alat ini layak digunakan sebagai alat ukur kecepatan udara dengan bayak sensor (multichanel).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 03 Jul 2011 04:29
Last Modified: 10 Oct 2011 03:31
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15161

Actions (login required)

View Item View Item