Repository Universitas Andalas

STUDI ANGKUTAN SEWAAN (TRAVEL) DITINJAU DARI KARAKTERISTIK, KINERJA DAN BIAYA OPERASI KENDARAAN. (Studi Kasus : Angkutan Travel Padang - Pekanbaru).

DARMAWAN., JOHAN (2008) STUDI ANGKUTAN SEWAAN (TRAVEL) DITINJAU DARI KARAKTERISTIK, KINERJA DAN BIAYA OPERASI KENDARAAN. (Studi Kasus : Angkutan Travel Padang - Pekanbaru). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (STUDI ANGKUTAN SEWAAN (TRAVEL) DITINJAU DARI KARAKTERISTIK, KINERJA DAN BIAYA OPERASI KENDARAAN. (Studi Kasus : Angkutan Travel Padang - Pekanbaru).) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (235Kb) | Preview

Abstract

Keberadaan angkutan sewaan (travel) yang berpelat nomor hitam masih diakui oleh pemerintah sampai sekian lama hal ini karena sampai saat ini keberadaan angkutan sewaan (travel) mernpunyai ijin Khusus dari pemerintah sehingga dapat beroperasi dengan menggunakan pelat nomor hitam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik, kinerja dan biaya operasi kendaraan (BOK) dari angkutan rravel. Metoda yang dipergunakan adalah metoda kuisioner dengan objek penelitian pengemudi, pengguna dan perusahaan travel. Penyebaran kuisioner kepada perusahaan travel dipilih 3 perusahaan di Padang untuk tujuan perjalanan Padang-Pekanbaru yang dianggap dapat mewakili BOK travel-travel lain, yaitu perusahaan Trisakti, Bumi Indah Lestari dan Nang Motor. Metoda yang digunakan untuk perhitungan BOK yaitu Metoda BOK Dinas Perhubungan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa angkutan travel Padang- Pekanbaru beroperasi setiap hari dengan faktor muat (load factor) 85,71 % untuk kelas ekonomi (economy class) dan 80% untuk kelas eksekutif (executive class). Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan biaya operasi kendaraan, perusahaan Trisakti memperoleh BOK yang paling besar dibanding yang lainnya yaitu Rp. 1.166,37/travel-Km untuk economy class dan Rp.1.141,15/travel-Km untuk executive class. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan didapat gambaran mengenai karakteristik, kinerja dan BOK angkutan travel sehingga dapat digunakan sebagai faktor pertimbangan bagi pemerintah Kota Padano nantinyajika ada penetapan peraturan mengenai angkutan travel.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:30
Last Modified: 24 Oct 2011 01:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15170

Actions (login required)

View Item View Item