Repository Universitas Andalas

PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM AIR SISA PENIRISAN GETAH GAMBIR TERHADAP UMUR SIMPAN DAN NILAI ORGANOLEPTIK TELUR ASIN

Muhammad, Rifki (2008) PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM AIR SISA PENIRISAN GETAH GAMBIR TERHADAP UMUR SIMPAN DAN NILAI ORGANOLEPTIK TELUR ASIN. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH LAMA PERENDAMAN DALAM AIR SISA PENIRISAN GETAH GAMBIR TERHADAP UMUR SIMPAN DAN NILAI ORGANOLEPTIK TELUR ASIN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (547Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama perendaman telur asin dalam larutan air sisa penirisan getah gambir terhadap kadar air, total koloni bakteri, umur simpan dan nilai organoleptik. Penelitian ini menggunakan telur itik Tegal (Anas javanica) segar yang berumur maksimal 48 jam sebanyak 300 butir dengan berat 65-70 gram yang diperoleh di Anduring Padang dan air sisa penirisan getah gambir 37-125 ml yang diperoleh dari Simpang Kapuak Kec. Mungka Kab. Lima Puluh Kota. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 10 perlakuan dan 3 kelompok sebagai ulangan. Perlakuannya adalah A (tanpa perendaman), B perendaman 1 jam dengan larutan air sisa penirisan getah gambir:aquades (1:2), C (1jam, 1:1), D (1 jam 1:0), E (25 jam, 1:2), F (25 jam, 1:1), G (25 jam, 1:0), H (49 jam, 1:2), I (49 jam, 1:1), H (49 jam, 1:0). Peubah yang diamati adalah kadar air, total koloni bakteri, umur simpan dan nilai organoleptik telur asin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman telur asin dengan larutan air sisa penirisan getah gambir berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap kadar air, total koloni bakteri, umur simpan dan nilai organoleptik (rasa dan aroma).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 Jul 2011 23:34
Last Modified: 12 Oct 2011 09:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15197

Actions (login required)

View Item View Item