Repository Universitas Andalas

KUALITAS MIKROBIOLOGIS DAN GIZI BAKSO DAGING DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG DITINJAU DARI KEAMANAN PANGAN

Suwardi, Yuliya (2008) KUALITAS MIKROBIOLOGIS DAN GIZI BAKSO DAGING DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG DITINJAU DARI KEAMANAN PANGAN. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (KUALITAS MIKROBIOLOGIS DAN GIZI BAKSO DAGING DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG DITINJAU DARI KEAMANAN PANGAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas mikrobiologis dan gizi bakso daging di kecamatan Pauh kota Padang. Materi penelitian ini dengan menggunakan bakso yang diambil dari masing-masing pondok bakso dan pedagang bakso keliling yang terdapat di kecamatan Pauh kota Padang sebanyak 8000 gram. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pengambilan sampel secara acak (purposive sampling) dengan analisa laboratorium. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan uji T (t-test). Peubah yang diukur adalah jumlah bakteri Escherichia coli, total koloni bakteri, uji bakteri Salmonella, kadar protein dan kadar lemak bakso. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakso yang terdapat di kecamatan Pauh kota Padang layak untuk dikonsumsi, karena nilai mikrobiologisnya tidak melampaui batas yang ditentukan oleh SNI dan nilai gizinya tidak kurang dari standar SNI. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata (P>0.05) antara jumlah bakteri Escherichia coli, total koloni bakteri, uji bakteri Salmonella, kadar protein dan kadar lemak bakso antara pondok bakso dengan pedagang bakso keliling di kecamatan Pauh kota Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 Jul 2011 14:16
Last Modified: 11 Oct 2011 03:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15202

Actions (login required)

View Item View Item