Repository Universitas Andalas

Analisis Pengembangan Usaha Sektor Informal (Studi Kasus:Pedagang Kaki Lima di Pasar Raya Kota Solok)

Yenita, Rahma (2008) Analisis Pengembangan Usaha Sektor Informal (Studi Kasus:Pedagang Kaki Lima di Pasar Raya Kota Solok). Other thesis, FAKULTAS EKONOMI.

[img]
Preview
PDF ( Analisis Pengembangan Usaha Sektor Informal (Studi Kasus:Pedagang Kaki Lima di Pasar Raya Kota Solok)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (619Kb) | Preview

Abstract

Pembangunan tidak lain merupakan suatu proses perubahan yang berlangsung secara sadar, terencana dan berkelanjutan dengan sasaran utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia atau masyarakat suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi usaha pedagang kaki lima, pengaruh pemberdayaan yang di ikuti pedagang kaki lima, manajemen pengelolaan pedagang kaki lima, serta respon pedagang kaki lima terhadap retribusi dan pajak yang nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pengujian dilakukan dengan menggunakan Analisis kualitatif dengan menggunakan data sekunder dan data primer (Survey lapangan) dengan menggunakan SPSS. Analisis kualitatif dengan menggunakan Crosstabs (Tabulasi silang). Setelah dilakukan pengujian ditemukan bahwa pedagang kaki lima di pasar raya kota Solok berpengaruh cukup besar terhadap penerimaan pendapatan asli daerah dalam penyelenggaraan otonomi daerah. Ini di lihat dari pemberdayaan yang di fokuskan pada pelatihan, bantuan modal, manajemen usaha guna mendapatkan keuntungan usaha. Berdasarkan penelitian ini, maka penulis memberikan saran perlu adanya program pembinaan dalam menumbuh kembangkan semangat wirausaha dan program pelatihan dan bimbingan terpadu untuk setiap pelaku PKL terutama berkaitan dengan cara-cara mengelola usaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 01 Jul 2011 14:16
Last Modified: 12 Oct 2011 04:27
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15208

Actions (login required)

View Item View Item