Repository Universitas Andalas

Modifikasi Sintesis Magnetit Nanopartikel Dari Batuan Besi Sungai Lasi Kabupaten Sotok dan Aplikasinya dalam Penyerapan Cr(VI)

Ladelta, Viko (2008) Modifikasi Sintesis Magnetit Nanopartikel Dari Batuan Besi Sungai Lasi Kabupaten Sotok dan Aplikasinya dalam Penyerapan Cr(VI). Other thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Modifikasi Sintesis Magnetit Nanopartikel Dari Batuan Besi Sungai Lasi Kabupaten Sotok dan Aplikasinya dalam Penyerapan Cr(VI)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (525Kb) | Preview

Abstract

Menurut perkiraan, cadangan besi di Lubuk Selasih Kabupaten Solok saja melebihi lima juta ton yang sebagian besarnya memiliki kandungan besi lebih dari 60 Yo. Magnetit nanopartikel memiliki aplikasi yang lebih luas dan nilai ekonomis lebih tinggi daripada magnetit dalam struktur bongkahan (bulk structure), mulai dari bidang biomedis, katalis, sensor, giant magneto resistance (GMR), penyimpanan data, pigmen, magnetic resonance imaging (MRI), danfetofluida. Ladelta et.al (2009) telah berhasil mensintesis nanopartikel magnetit dari batuan besi menggunakan hidrazin. Namun kemurnian dari nanopartikel magnetit yang dihasilkan belum dapat dipastikan dan reduklor yang digunakan masih relatif mahal. Penelitian ini bertujuan: 1) Memodifikasi proses sintesis magnetit nanopartikel oleh Ladelta et.al (2009) dengan menggunakan serbuk gergaji sebagai redukfor, HCI sebagai pelarut, pH awal l, peningkatan pH dengan cepat, pengadukan 700 rpm, suhu 60o C dan melakukan pengendapan selektif dan menerapkan pengendapan selektif untuk mendapatkan hasil yang lebih murni dengan reduktor yang lebih murah dan ramah lingkungan. 2) Mengaplikasikan nanopartikel magnetit yang dihasilkan untuk penyerapan Krom (VI) dalam air limbah sintetis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:32
Last Modified: 05 Oct 2011 03:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15241

Actions (login required)

View Item View Item