Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN UKURAN-UKURAN TUBUH DENGAN BOBOT BADAN SAPI PESISIR DI KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Maiwandri, Dolly (2008) HUBUNGAN UKURAN-UKURAN TUBUH DENGAN BOBOT BADAN SAPI PESISIR DI KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN UKURAN-UKURAN TUBUH DENGAN BOBOT BADAN SAPI PESISIR DI KECAMATAN LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (597Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ukuran-ukuran tubuh yaitu panjang badan, lingkar dada dan tinggi pundak dengan hobot hidup sapi Pesisir. Penelitian ini menggunakan sapi Pesisir sebanyak 200 ekor, terdiri dari 100 ekor jantan dan 100 ekor betina dengan umur berkisar dari 1.5 tahun sampai diatas 3 tahun. Analisa data dilakukan dengan menggunakan berbagai macam model regresi sederhana dan regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang sangat nyata antara ukuran-ukuran tubuh (panjang badan, lingkar dada, tinggi pundak) dengan bobot hidup. Dari berbagai macam model regresi sederhana yang digunakan dapat diketahui bahwa ukuran tubuh lingkar dada adalah yang paling erat hubunganya dengan bobot hidup. Model regresi yang paling sesuai yaitu model regresi geometrik dengan nilai koefisien determinasi 0,8748 untuk sapi jantan dan 0,7342 untuk sapi betina. Dari keseluruhan model regresi yang digunakan dapat diketahui bahwa model regresi yang paling sesuai untuk menyatakan hubungan antara ukuran-ukuran tubuh dengan bobot hidup yaitu model regresi geometrik berganda panjang badan - lingkar dada - tinggi pundak untuk sapi jantan dengan nilai koefisien determinasi 0,9002 dan model regresi kuadratik berganda panjang badan - lingkar dada - tinggi pundak untuk sapi betina dengan nilai koefisien determinasi 0,8145.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:31
Last Modified: 05 Oct 2011 08:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item