Repository Universitas Andalas

PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KESTABILAN MINYAK IKAN DAN MIKROKAPSUL MINYAK IKAN

Ovianti, Rizki (2008) PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KESTABILAN MINYAK IKAN DAN MIKROKAPSUL MINYAK IKAN. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH SUHU DAN LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KESTABILAN MINYAK IKAN DAN MIKROKAPSUL MINYAK IKAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (620Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap kestrabilan minyak ikan dan mikrokapsul minyak ikan. Dalam penelitian ini digunakan minyak ikan (MI) lemuru dan mikrokapsul minyak ikan (MMI) sebagai bahan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Lengkap pola faktorial 2 x 3 dan 3 ulangan. Faktor A (suhu penyimpanan, A1 = 4'C (lemari es) dan A2 = 27'C) dan faktor B (lama penyimpanan, B1 = 15 hari, B2 = 30 hari, dan B3 = 45 hari). Peubah yang diukur adalah pengamatan terhadap warna dan bau, bilangan peroksida, bilangan TBA, bilangan total oksidasi dari kedua sampel perlakuan (MI) dan (MMI) serta kadar lemak terkapsul mikrokapsul minyak ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu dan lama penyimpanan yang terbaik untuk kestabilan oksidatif minyak ikan dan mikrokapsul minyak ikan adalah suhu lemari es 4'C dan lama penyimpanan 45 hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:30
Last Modified: 06 Oct 2011 03:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item