Repository Universitas Andalas

Analisis Air Bak Pendederan Benih Ikan Kerapu Bebek di Nagari Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan Terhadap suhu, pH, DO, BOD, Salinitas Dan Logam Berat (Fe, Cd, Co)

Okaem, Tanti Tritama (2008) Analisis Air Bak Pendederan Benih Ikan Kerapu Bebek di Nagari Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan Terhadap suhu, pH, DO, BOD, Salinitas Dan Logam Berat (Fe, Cd, Co). Other thesis, Fakultas MIPA..

[img]
Preview
PDF (Analisis Air Bak Pendederan Benih Ikan Kerapu Bebek di Nagari Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan Terhadap suhu, pH, DO, BOD, Salinitas Dan Logam Berat (Fe, Cd, Co)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (558Kb) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai analisis air terhadap parameter fisika, parameter kimia dan logam berat pada bak pendederan benih ikan kerapu bebek di Nagari Mandeho Kabupaten Pesisir Selatan telah dilakukan. Tujuan analisis adalah untuk mengetahui kualitas air laut dan kandungan logam pada daerah budidaya ikan- Sampel diambil se�ara acak pada l0 lokasi yang berbeda- Sampel diawetkan dengan HNOI pekat dan kandungan logam (Fe, Cd dan Co) dari sampel air laut diukur dengan Spektrofotometer Serapan Atom Tungku Grafit (GFAAS). Suhu, Oksigen Terlarut (DO) dan Kebutuhan Oksigen Biokimia (BOD) diukur dengan DO-meter, pH diukur dengan pH-meter, salinitas dengan refraktometer. Hasil penelitian adalah suhu 28.8 - 30.2oC, pH 8 - 9.2,DO 3.03 - 5.8 mg/L, BOD 2.58 - 5.2 mg/L, salinitas 31 - 34(%o). Kandungan logam Fe 0 - 0.7512 mg/L,logam Cd 0,03639 - 0.03699 mg/L dan logam Co tidak terdeteksi konsentrasinya- Menurut Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No.51 Tahun 20A4, kandungan logam Cd yang diperoleh melampaui standar baku mutu air laut untuk biota laut yaitu 0.001 mglL dan kebutuhan oksigen terlarut (DO) dibawah standar baku mutu untuk biota laut yaitu kurang dari 5 mglL, sedangkan parameter lainnya telah memenuhi baku mutu kualitas air untuk biota laut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:28
Last Modified: 06 Oct 2011 02:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item