Repository Universitas Andalas

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA DALAM MEMANFAATKAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH

FONTANELLA, AMY (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA DALAM MEMANFAATKAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH. Other thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNA DALAM MEMANFAATKAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (657Kb) | Preview

Abstract

Laporan keuangan pemerintah daerah seharusnya dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam perencanaan, penganggaran dan pengambilan keputusan. Namun dalam tataran realita,laporan keuangan pemerintah daerah (pemda) belum dimanfaatkan secara optimal oleh pengguna. Bahkan laporan keuangan pemda seringkali hanya dimanfaatkan sebagai media percanggungi awaban saj a. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pengguna dalam memanfaatkan laporan keuangan pemda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor tingkat pendidikan, latar belakang pendidikan, pengetahuan akuntansi dan kesesuaian antara informasi yang tersaji didalam laporan keuangan dengan informasi yang dibutuhkan pengguna, terhadap pemanfaatan laporan keuangan pemerintah daerah (pemda). Penelitian ini difokuskan pada salah satu kelompok pengguna internal laporan keuangan pemda yaitu Kepala SPKD dilingkungan Kabupaten Agam. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner dan wawancara mendalam dengan responden. Data dari kuisioner yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan SPSS 16. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tingkat dan latar belakang pendidikan pengguna tidak berpengaruh signifikan secara statistik terhadap pemanfaatan laporan keuangan pemda. Sedangkan pengetahuan akuntansi yang dimiliki pengguna dan kesesuaian antara informasi yang tersaji didalam laporan keuangan dengan informasi yang dibutuhkan pengguna berpengaruh positif dan signifikan secara statistik. Beberapa faklor lain yang terungkap melalui wawancara mendalam seperti perbedaan waktu penganggaran dan pelaporan keuangan, budaya organisasi, lemahnya motivasi dan seringnya pergantian regulasi dibidang keuangan merupakan faktor yang menyebabkan belum optimalnya pemanfaa8n laporan keuangan pemda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:29
Last Modified: 04 Oct 2011 02:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15272

Actions (login required)

View Item View Item