Repository Universitas Andalas

Drag Reluted Problems pada pasien Tuberkulosis Anak di Poliklinik Ilmu Kesehatan Anak (IKA) RSUP DR.M.Djamil Padang

Juwita, Dian Ayu (2008) Drag Reluted Problems pada pasien Tuberkulosis Anak di Poliklinik Ilmu Kesehatan Anak (IKA) RSUP DR.M.Djamil Padang. Other thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
PDF (Drag Reluted Problems pada pasien Tuberkulosis Anak di Poliklinik Ilmu Kesehatan Anak (IKA) RSUP DR.M.Djamil Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (549Kb) | Preview

Abstract

Tuberkulosis masih merupakan penyakit infeksi yang menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang tinggi pada anak dan dewasa. Dibutuhkan penatalaksanaan yang tepat untuk mengurangi resiko peningkatan kematian, mencegah penularan dan resistensi. Pengobatan tuberkulosis yang jangka panjang dan menggunakan kombinasi beberapa obat dengan mekanisme kerja, efektifitas, efek samping yang berbeda menjadi tantangan bagi farmasis untuk memberikan informasi secara jelas dan menyeluruh secara individual dalam rangka meningkatkan keberhasilan pengobatan dan meminimalkan efek samping yang terjadi. Keberhasilan terapi tuberkulosis salah satunya dapat ditunjang dengan pemilihan obat yang tepat, sedangkan kegagalan terapi dapat diakibatkan karena adanya kejadian Drug Related Problems (DRPs). Berdasarkan hal itu maka dilakukan penelitian. Tujuan penelitian : unfuk mengetahuijenis Drug Related Problems (DRPs) yang sering terjadi dalam pengohatan tuberkulosis di Poliklinik llrnu Kesehatan Anak (lKA) RSUP DR. M.Djamil Padang, antara lain : l) Untuk mengetahui adanya indikasi tanpa obat 2) Untuk mengetahui adanya obat tanpa indikasi medis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 06 Jul 2011 01:26
Last Modified: 04 Oct 2011 07:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15293

Actions (login required)

View Item View Item