Repository Universitas Andalas

Social Critiques Toward lifestyle of London Society as Reflected in Oscar Wilde's An Ideal Husband

Pasaribu, Yulia Ardina (2008) Social Critiques Toward lifestyle of London Society as Reflected in Oscar Wilde's An Ideal Husband. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Social Critiques Toward lifestyle of London Society as Reflected in Oscar Wilde's An Ideal Husband) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (394Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang gambaran keadaan sosial masyarakat Inggris di akhir abad ke 19 atau disebut juga Victorian age yang tercermin dalam drama An Ideal Husband yang ditulis oleh Oscar Wilde pada tahun 1895. Analisis ini menggambarkan tentang gaya hidup kelas atas atau aristokrat, dan kritik-kritik sosial yang disampaikan oleh si pengarang terhadap masyarakat London pada masa itu. Melalui karyanya Wilde mengkritik tentang kehidupan masyarakat London terhadap konsep pernikahan dan gaya hidup yang cenderung bersifat materialisme dan hedonis. Dalam menganalisis karya ini, penulis menggunakan pendekatan sosiologi sastra oleh Alan Swingewood yang berpendapat bahwa suatu karya sastra adalah cerminan suatu masyarakat pada zaman tertentu. Data-data dianalisis dengan metode kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Adapun data yang diperoleh berasal dari unsur intrinsik dan ekstrinsik karya sastra tersebut. Setelah menganalisa drama An Ideal Husband, penulis menyimpulkan bahwa karya sastra tersebut merupakan cerminan kehidupan sosial masyarakat London pada akhir abad ke-19. Pada masa ini masyarakat terbagi menjadi tiga struktur kelas sosial yaitu; kelas atas/ aristokrat, kelas menengah, dan kelas bawah. Merujuk pada gaya hidup masyarakat London yang ditinjau dari pemahaman mereka terhadap konsep pernikahan, materialisme dan hedonisme, dapat disimpulkan kalau masyarakat tersebut berasal dari strata kelas yang paling tinggi yaitu, kelas atas/ aristokrat. Melalui karyanya, Wilde mengkritik kehidupan sosial masyarakat London melalui sindiran-sindiran dan olokan yang terdapat di dalam karya An Ideal Husband.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 06 Jul 2011 01:24
Last Modified: 06 Oct 2011 08:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15308

Actions (login required)

View Item View Item