Repository Universitas Andalas

PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP UMUR PUBERTAS DAN UMURKAWIN PERTAMA PADA SAPI BALI DARA.

Kusuma, Mira (2008) PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP UMUR PUBERTAS DAN UMURKAWIN PERTAMA PADA SAPI BALI DARA. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP UMUR PUBERTAS DAN UMURKAWIN PERTAMA PADA SAPI BALI DARA. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (508Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian tempat terhadap umur pubertas dan umur kawin pertama pada sapi Bali dara. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto (dataran tinggi) yang berada pada ketinggian 750 m di atas permukaan raut dan di PT. Anastra Wira Bumi Kabupaten Pesisir selatan (dataran rendah) dengan ketinggian 5 meter diatas permukaan laut dari tanggal 02 Maret sampai dengan l0 April 2010. Materi penelitian ini sapi Bali dara sebanyak 30 ekor untuk masing-masing lokasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pengambilan sampel secara purposive Sampling. Data diperoleh dengan melihat catatan, keterangan yang diberikan oleh pengelola perusahaan dan juga wawanera dengan peternak. Perbandingan umur pubertas dan umur kawin pertama antara sapi Bari dara yang diperihara di daerah dataran tinggi dengan sapi Bali dara yang diperihara di daerah dataran rendah rendah dianalisis dengan uji- z menggunakan program SpSS 15.00 for Windows. Dari hasil peneritian didapatkan bahwa rata-rata umur pubertas sapi Bali dara yang dipelihara di daerah dataran tinggi 632.37 +- 38,380 hari dan di daerah dataran rendah 728.37 * 72-695 hari. Rata-rata umur kawin pertama sapi Bali dara di daerah dataran tinggi 659.17 + 36.675 hari dan di daerah dataran rendah 751.83+-73.434 hari. Dari variabel yang diukur maka dalam pengujian statistik terdapat perbedaan yang nyata (P < 0.05) pada umur pubertas dan umur kawin pertama. Umur pubertas dan umur kawin pertama pada sapi Bari dara yang dipelihara di daerah dataran tinggi lebih pendek dari umur pubertas dan umur kawin pertama pada sapi Bali dara yang dipelihara di darerah dataran rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 06 Jul 2011 01:22
Last Modified: 05 Oct 2011 03:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15327

Actions (login required)

View Item View Item