Repository Universitas Andalas

PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP UMUR PUBERTAS DAN UMUR KAWIN PERTAMA PADA SAPI DARA PO (PERANAKAN ONGOLE)

Kurnia, Dihan (2008) PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP UMUR PUBERTAS DAN UMUR KAWIN PERTAMA PADA SAPI DARA PO (PERANAKAN ONGOLE). Other thesis, Fakultas Peternakan..

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT TERHADAP UMUR PUBERTAS DAN UMUR KAWIN PERTAMA PADA SAPI DARA PO (PERANAKAN ONGOLE)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (525Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian tempat terhadap umur pubertas dan umur kawin pertama pada sapi dara PO. Penelitian dilaksanakan di di Kecamatan Pauh, Kuranji, Nanggalo, dan Koto Tangah, Kota Padang (dataran rendah) dengan ketinggian 2-20 m dpl (di atas permukaan laut) dan Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar (dataran tinggi) yang berada pada ketinggian 600-700 m dpl dari tanggal 08 Maret sampai dengan 18 April 2010. Materi penelitian ini sapi dara PO sebanyak 30 ekor untuk ketinggian masing-masing lokasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data diperoleh dengan melihat catatan, keterangan dari petemak dan inseminator. Perbandingan umur pubertas dan umur kawin pertama antara sapi dara PO yang dipelihara di daerah dataran tinggi dengan sapi dara PO yang dipelihara di daerah dataran rendah dianalisis dengan uji-2. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata umur pubertas sapi dara PO yang dipelihara di daerah dataran rendah 717+- 76 hari dan di daerah dataran tinggi 540 + 69 hari . Rata-rata umur kawin pertama sapi dara PO di daerah dataran rendah 739 +- 76 hari dan di daerah dataran tinggi 567 + 70 hari. Dari variabel yang diukur maka dalam pengujian statistik terdapat perbedaan yang nyata (P < 0.01) pada umur pubertas dan umur kawin petama antara sapi PO yang dipelihara di dataran rendah dengan di dataran tinggi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa umur pubertas dan umur kawin pertama sapi dara PO yang dipelihara di dataran rendah lebih panjang dari pada yang dipelihara di dataran tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 06 Jul 2011 01:22
Last Modified: 04 Oct 2011 02:34
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item