Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG BERAS KETAN TERHADAP KUALITAS DAN NILAI ORGANOLEPTIK RENDANG TELUR

Irman, Venani (2008) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG BERAS KETAN TERHADAP KUALITAS DAN NILAI ORGANOLEPTIK RENDANG TELUR. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG BERAS KETAN TERHADAP KUALITAS DAN NILAI ORGANOLEPTIK RENDANG TELUR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (529Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung beras ketan terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar air dan nilai organoleptik rendang telur. Materi penelitian adalah 80 butir telur ayam ras strain Isa Brown yang berumur dua hari yang diperoleh dari peternak di Kuranji Padang, tepung beras ketan 700 gram dan bumbu rendang lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan tersebut adalah penambahan tepung beras ketan sebanyak A=10%, B=15%, C=20%, D=25% dan E=30%. Variabel yang diukur adalah kadar protein, kadar lemak, kadar air serta nilai organoleptik rendang telur. Penambahan tepung beras ketan sangat nyata (P<0.01) menurunkan kadar air, kadar protein, kadar lemak serta mempngaruhi nilai organoleptik rendang telur. Penambahan tepung beras ketan sebanyak 10% adalah yang terbaik dalam pembuatan rendang telur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 06 Jul 2011 01:21
Last Modified: 04 Oct 2011 07:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15332

Actions (login required)

View Item View Item