Repository Universitas Andalas

STRATEGI KESANTUNAN DANSEIGO 'BAHASA LAKI- LAKI' DAN JOSEIGO 'BAHASA PEREMPUAN' DALAM BAHASA JEPANG

Kasmeri, Nuzul (2008) STRATEGI KESANTUNAN DANSEIGO 'BAHASA LAKI- LAKI' DAN JOSEIGO 'BAHASA PEREMPUAN' DALAM BAHASA JEPANG. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI KESANTUNAN DANSEIGO 'BAHASA LAKI- LAKI' DAN JOSEIGO 'BAHASA PEREMPUAN' DALAM BAHASA JEPANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (517Kb) | Preview

Abstract

strategi kesantunan merupakan suatu cara yang digunakan dalam berkomunikasi sebagai bentuk penghorrnatan dan penghalus bahasa yang digunakan oleh penutur terhadap mitra tutur. Ada pun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menentukan jenis strategi kesantunan yang digunakan oleh danseigo 'bahasa laki-laki' dan joseigo 'bahasa perempuan',(2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan strategi kesantunan yang digunakan danseigo'bahasa laki-laki' dan joseigo'bahasa perempuan, Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dari dialog dalam serial drama NHK The Great House (2004) film Ichi (2010), dan novel ZanZou. Dalam menganalisis data digunakan teori-teori tentang strategi kesantunan dan variasi bahasa. Peneliti mencari penggunaan strategi kesantunan dan mengklasifikasikan berdasarkan jenis serta faktor yang mempengaruhi penggunaannya. Berdasarkan analisis diketahui bahwa penggunaan strategi kesantunan lebih banyak digunakan pada joseigo 'bahasa perempuan'. Penggunaan strategi kesantunan pada danseigo 'bahasa laki-laki' dan joseigo 'bahasa perempuan', dipengaruhi oleh konteks serta tujuan tuturan. Selain itu faktor yang mempengaruhi pengguninn strategi kesantunan itu salah satunya yaitu status sosial dan keakraban antara penutur dangan mitra tutur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:26
Last Modified: 04 Oct 2011 09:33
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15346

Actions (login required)

View Item View Item