Repository Universitas Andalas

MAKNA DAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN KATA CHOTTO OLEH MAHASISWA SASTRA JEPANG UNIVERSITAS ANDALAS

Feby, Feby (2008) MAKNA DAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN KATA CHOTTO OLEH MAHASISWA SASTRA JEPANG UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (MAKNA DAN PEMAHAMAN PENGGUNAAN KATA CHOTTO OLEH MAHASISWA SASTRA JEPANG UNIVERSITAS ANDALAS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (486Kb) | Preview

Abstract

Fukushi atau adverbia termasuk kedalam golongan jiritsugo atau kata yang dapat berdiri sendiri dan tidak mengalami perubahan bentuk. Fukushi chotto termasuk ke dalam fukushi golongan teido no fukusht, yaitu fukushi yang menerangkan derajat dan tingkatan. Kata chotto dalam penelitian ini digunakan untuk menentukan makna kalimat berdasarkan kajian pragmatilq sehingga selain bermakna derajat dan tingkatan kata chotto juga mempunyai beberapa makna lainnya. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemahaman penggunaan kata chotto berdasarkan makna dan konteks kalimat oleh mahasiswa sastra Jepang, Universitas Andalas. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tahap pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Tahap analisis data menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik Pilah Unsur Penentu dan pada tahap penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Dari penelitian ini, hasil taksiran nilai 'lebih dari setengahnya' menjawab benar dengan rentang nilai 'sedang', diperoleh dari 91 orang mahasiswa sastra Jepang Universitas Andalas angkatan 2009, 2008 dan 2007. Dan hasil tersebut diketahui bahwa responden sudah cukup mengerti dengan penggunaan kata chotto berdasarkan konteks kalimat. Keseluruhan hasil penelitian juga menunjukkan bahwa untuk memahami makna kata chotto diperlukan pemahaman yang dalam mengenai konteks kalimat dimana kata chotto tersebut dituturkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:25
Last Modified: 04 Oct 2011 04:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item View Item