Repository Universitas Andalas

Analisis Isi dan Fungsi Cerita Prosa Rakyat di Kanagarian Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya

Purwanto, Andi (2008) Analisis Isi dan Fungsi Cerita Prosa Rakyat di Kanagarian Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Analisis Isi dan Fungsi Cerita Prosa Rakyat di Kanagarian Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (491Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari pemikiran bahwa cerita prosa rakyat yang terdapat di Nagari Koto Besar menarik untuk diteliti karena isi cerita tersebut memiliki nilai sejarah dan budaya tentang hubungan antara Koto Besar dengan nenek moyangnya yang berasal dari Pagaruyung. Cerita prosa rakyat yang terdapat di Nagari Koto Besar merupakan salah satu wujud dari kearifan lokal (local genius) dari masyarakat nagari ini, maka nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya perlu untuk tetap dipelihara dan diwariskan kepada generasi penerus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendokumentasikan, mengumpulkan, menganalisis isi dari cerita prosa rakyat yang ada di Koto Besar dan analisis fungsi dari cerita tersebut berdasarkan pada teori fungsi yang dikemukakan oleh William R. Bascom. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sebagaimana diungkapkan oleh Danandjaja, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian folklor disebabkan oleh kenyataan bahwa folklor mengandung unsur-unsur budaya yang diamanatkan oleh pendukungnya. Temuan dari penelitian ini adalah terdapat sembilan buah cerita prosa rakyat yang isinya menyatakan tentang asal mula munculnya Nagari Koto Besar. Kesembilan cerita tersebut yaitu : 1) Asal usul munculnya Koto Besar, 2) Rumah tuo atau rumah gadang Koto Besar, 3) Burung beo dan Koto Besar, 4) Penghormatan terhadap raja, 5) Sapi yang dilarang, 6) Orang bunian, 7) Padi sebesar biji kelapa, 8) Bukik mayang taurai, dan 9) Sungai bayie dan sungai balun. Kesembilan cerita prosa rakyat ini, semuanya tergolong ke dalam jenis legenda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Minangkabau
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:24
Last Modified: 10 Oct 2011 06:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15362

Actions (login required)

View Item View Item