Repository Universitas Andalas

Optimasi Pemilihan Pelumas untuk Sistem Pelumasan Turbin Gas Alsthom Atlantique pada PLTG Pauh Limo Padang

Lestari, Nidia (2008) Optimasi Pemilihan Pelumas untuk Sistem Pelumasan Turbin Gas Alsthom Atlantique pada PLTG Pauh Limo Padang. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Optimasi Pemilihan Pelumas untuk Sistem Pelumasan Turbin Gas Alsthom Atlantique pada PLTG Pauh Limo Padang) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (467Kb) | Preview

Abstract

Kebutuhan dasar semua peralatan yang berputar adalah mendapatkan sistem pelumasan. Sistem pelumasan merupakan cara untuk mencegah komponen mesin agar tidak cepat aus yang berakibat umur mesin menjadi pendek. Mesin terdiri dari bagian-bagian logam yang saling bergerak serta bergesekan. Gerakan dan gesekan bagian-bagian logam menyebabkan keausan serta kerugian tenaga. Untuk itu dibutuhkan minyak pelumas sebagai pelindung akibat gerakan atau gesekan. Pelumas mempengaruhi kinerja mesin serta umur mesin. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan jenis pelumas yang dianggap paling tepat dan mewakili kondisi Turbin Gas Alsthom Atlantique. Dalam pemilihan pelumas perlu dipertimbangkan faktor-faktor sifat dari minyak mineral, dan viskositas minyak pelumas. Dengan mendapatkan pelumas prioritas ini diharapkan komponen-komponen turbin gas pada PLTG Pauh Limo tidak cepat aus karena dapat mengurangi gesekan antara dua logam yang bersinggungan, menyerap panas yang berlebihan, dan mengendapkan kotoran sehingga dapat beroperasi dengan stabil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:24
Last Modified: 05 Oct 2011 08:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15364

Actions (login required)

View Item View Item