Repository Universitas Andalas

Studi Perilaku Mesin Konverter Elektromagnetik dengan Input Pulsa Kontak pada Kumparan Pengarah

Ihsan, Aprul (2008) Studi Perilaku Mesin Konverter Elektromagnetik dengan Input Pulsa Kontak pada Kumparan Pengarah. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Studi Perilaku Mesin Konverter Elektromagnetik dengan Input Pulsa Kontak pada Kumparan Pengarah) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (536Kb) | Preview

Abstract

Mesin konverter elektromognetik (MKE) mcmpu mengkonversi energi medan magnetik konstan menjadi energi listrik melalui sistem perubahan fluks secara elektromagnetik, sebagai solusi alternatif otas kelemahan sistem perubahan fluks secara elektromekanik pada generator reluktansi model baru (GRMB). MKE tersebut, oleh peneliti sebelumnya menggunakan input sinusoidal pada kumparan pengarahnya untuk pengaturan arah fluks medan magnet utama menuju belitan output dengan polaritas yang berubah-ubah. Pada penelitian ini, dicoba menggunakan input pulsa kotak pada kumparan pengarah untuk pengaturan arah fluks supaya lebih optimal, dan mengamati perilaku output MKE dengan perlakuknn tersebut, serta membandingkan hasilrrya (khususnya rasio tegangan) dengan hasil penelitian oleh peneliti sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa output MKE berupa tegangan AC, yang nilainya sangat dipengaruhi oleh suplai tegangan input pulsa pada kumparan pengarah. Dimana, peningkatan input pulsa dari 1 - 15 V menyebabknn kenaikon output dari 1,18 V menjadi 12,13 V. Sedangkan penambahan input kumparan DC dori 0 - 15 V (saat input pulsa konstan 10 V) awalnya menyebabkan kenaikan output dari 6,14 V menjadi 8,22 V, tetapi selanjutnya turun hingga nilai 4,99V. Dari perbandingan hssil penelitian ini dengan penelitian oleh peneliti sebelumnya, diperoleh bahwa pada penggunaan input arus pulsa kotak untuk kumparan pengarah ini menghasilkan tegangan output yang lebih kecil sekitar 37,42% dibandingkan pada penggunaan input arus sinusoidal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:23
Last Modified: 04 Oct 2011 04:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15368

Actions (login required)

View Item View Item