Repository Universitas Andalas

Pengaruh EDTA dan Penambahan Trace Elemen Sr, Zn pada Pembentukan Hidroksiapatit Melalui Metode Sol Gel

Suweti, Esi (2008) Pengaruh EDTA dan Penambahan Trace Elemen Sr, Zn pada Pembentukan Hidroksiapatit Melalui Metode Sol Gel. Other thesis, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh EDTA dan Penambahan Trace Elemen Sr, Zn pada Pembentukan Hidroksiapatit Melalui Metode Sol Gel) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313Kb) | Preview

Abstract

Hidroksipatit (HA) merupakan material menarik dan istimewa untuk implan gigi dan tulang HA sangat mirip dengan mineral gigi dan tulang manusia dan telah terbukti harmonis secara biologi dengan jaringan-jaringan tulang dan gigi. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa HA ceramic tidak bersifat toksid, tidak menimbulkan respon peradangan dan tidak menimbulkan respon pyrogenetik atau pembentukan benang-benang jaringan antara material implan dan tulang. Juga material ini mempunyai kemampuan berikatan lansung dengan tulang. Disamping beberapa kelebihan tersebut, hidroksiapatit juga memiliki kekurangan yaitu keterbatasan penggunaannya dalam menerima beban pada jangka waktu yang lama karena sifat mekaniknya yang rendah. Untuk mengatasi sifat mekanik yang rendah dari hidroksiapatit, maka dilakukan doping dengan logam, seperti magnesium, mangan, seng, titanium dan strontium untuk meningkatkan sifat mekaniknya, logam-logam doping diyakini mempunyai peran yang berarti meningkatkan interaksi sel-material dari hidroksiapatit dan meningkatkan kekuatan mekaniknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:23
Last Modified: 11 Oct 2011 04:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15372

Actions (login required)

View Item View Item