Repository Universitas Andalas

Pengenalan Huruf Alfabet Kapital dengan Metode Ekstraksi Ciri Zoning Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation

Rosi, Priman (2008) Pengenalan Huruf Alfabet Kapital dengan Metode Ekstraksi Ciri Zoning Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Pengenalan Huruf Alfabet Kapital dengan Metode Ekstraksi Ciri Zoning Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (543Kb) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat telah memicu perkembangan suatu sistem otomatisasi komputer. Sistem ini dikenal dengan computer vision. Computer vision pada dasarnya bekerja layabrya penglihaton manusia. Mata manusia bekerja sebagai pusat penglihatan yang okan mengirimkan informosi ke otak dan pada akhirnya objek yang dilihat aknn dikenali. Salah satu aplikasi pengembangan teknologi berkaitan dengan computer vision adalah sebuah aplilrasi yang dapat mengenali objek pada citra Pada penelitian ini dilakukan perancongan dan implementasi sistem untuk pengenalan objek berupa citra huruf alfubet kapital A, I, U, E, O dengan gaya penulisan Arial Rounded MT Bold yang dibuot dengan microsofi word. Adapun proses pada penelitian ini adnloh capturing, merupakan pengambilan gambar citra huruf selanjutnya proses konversi citra huruf RGB ke citra intensitas, citra intensitas ini selanjutuya akan disegmentasi menggunakan metode bilevel luminance thresholding, proses selanjutnya adalah pelabelan dan filtering, dan dilanjutkan proses ekstraksi ciri menggmakan metode zoning, hasil ekstroksi ini akan dilatih oleh jaringan syaraf tiruan menggunakan algoritma backpropagation, dari hasil pelatihon ini akan dilakukan proses pengujian. Pengujian dilakukan terhadap 1500 citra huruf yang diperoleh dari citra huruf alfabet kapital A, I, U, E, O dengan ukuranfont 30, 40, 50, 60, 70, 80, 90, 100, II0, 120 dan jarak kamera terhadap citra huruf sebesar 15 cm, 20 cm, dan 25 cm. Percobaan dilalatkan dengan variasi terhadap parameter jaringan syaraf tiruan berupa nilai toleransi, jumlah neuron, jumlah epoch, jumlah pelatihan dan nilai threshold. Dari hasil penelitian ini telah dapat melakukon pengenalan dengan tingkat lreberhasilan 84%, pada nilai toleransi 0,06, jumlah neuron 20 dan 18, iumlah pelatihan II kali dan nilai threshold 0,3 < T > 0,5. Pada penelitian ini ternyata variasi jarak tidak mempengaruhi keluaran sistem yaitu tingkat keberhasilan, namun ukuran font, nilai toleransi, jumlah neuron, jumlah pelatihan dan nilai threshold berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:22
Last Modified: 12 Oct 2011 03:22
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item