Repository Universitas Andalas

Studi Penentuan Seting Rele Arus Lebih dan Rele Daya Berarah pada Interkoneksi PLTM Salido dengan Jaringan Distribusi PT. PLN (Persero)

Pilca, Jumadul (2008) Studi Penentuan Seting Rele Arus Lebih dan Rele Daya Berarah pada Interkoneksi PLTM Salido dengan Jaringan Distribusi PT. PLN (Persero). Other thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
PDF (Studi Penentuan Seting Rele Arus Lebih dan Rele Daya Berarah pada Interkoneksi PLTM Salido dengan Jaringan Distribusi PT. PLN (Persero)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (402Kb) | Preview

Abstract

PLTM termasuk salah satu pembangkit tersebar (DG). Dalam menjaga kekontinuan suplai dayanya, PLTM membutuhkan suatu sistem proteksi. Salah satu sistem protelai yang dimaksudkan adalah dengan rele arus lebih, yang digunakan untuk melindungi PLTM dari gangguan arus hubung singkat. Selain rele ini, juga dibutuhkan rele daya berarah, karena ketika PLTM diinterkoneksikan pada jaringan distribusi, timbul dua aliran daya. Dan rele daya berarah ini, digunakan dalam melindungi generator terhadap aliran daya yang mengalir dari sistem menuju generator tersebut. Rele daya berarah memiliki elemen arah, sehingga membutuhknn seting arah selain seting besar daya. Pada penelitian ini digunakon lima rele arus lebih don dengan nilai seting yang didapatkan dari perhitungan gangguan hubung singkat koordinasi rele-rele tersebut dapat dikatakan cukup baik. Dua di antaranya menggunakan rele arus lebih tipe IDMT dengan nilai pick up 7 untuk OCR 1,9 untuk OCR 2, seting waktunya secore berurutan adqlah 1.3 dan 1.5 detik, sedangkan lainnya (OCR 3,4 dan 5) tipe sesaat dengan nilai pick up 1 A. Selanjutnya, rele daya berarah digunaknn dua rele untuk kedua generator pada PLTM salido. Dengan nilai setingnya masing-masing sebesar 10 serta sudut karakteristik adalah sebesar 300.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:22
Last Modified: 10 Oct 2011 02:44
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15379

Actions (login required)

View Item View Item