Repository Universitas Andalas

DIP-COATING SENYAWA KALSIUM FOSFAT DARI BATU KAPUR BUKIT TUI DENGAN VARIASI RATIO MOL Ca/P MELALUI METODE SOL-GEL

Anggresani, Lia (2008) DIP-COATING SENYAWA KALSIUM FOSFAT DARI BATU KAPUR BUKIT TUI DENGAN VARIASI RATIO MOL Ca/P MELALUI METODE SOL-GEL. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (DIP-COATING SENYAWA KALSIUM FOSFAT DARI BATU KAPUR BUKIT TUI DENGAN VARIASI RATIO MOL Ca/P MELALUI METODE SOL-GEL) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (532Kb) | Preview

Abstract

Dewasa ini kebutuhan masyarakat akan bahan rehabilitasi jaringan tulang dan gigi cukup besar, sehingga berbagai upaya dikembangkan untuk mencari alternatif bahan rehabilitasi jaringan tulang dan gigi yang baik, terjangkau bagi masyarakat serta dapat menggantikan struktur jaringan yang hilang tanpa menimbulkan efek negatif. Pengembangan bahan biomaterial sintesis sebagai bahan rehabilitasi jaringan tulang dan gigi diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel yang akan melanjutkan fungsi daur kehidupan jaringan yang digantikan. Salah satu bahan yang sedang dikembangkan sebagai biomaterial sintesis adalah biokeramik kalsium fosfat. Kalsium fosfat merupakan suatu subjek yang menarik dari beberapa penelitian ilmiah karena aplikasinya yang luas sebagai pengganti tulang dan gigi dalam bentuk keramik dan polimer matriks komposit. Dalam penelitian ini penulis memanfaatkan batu kapur dengan mengolahnya menjadi bahan baku untuk sintesis kalsium fosfat yaitu sebagai sumber kalsium. Dengan cara ini maka batu kapur dapat dimanfaatkan dalam sektor kesehatan yaitu dalam aplikasi klinis untuk penelitian dibidang medis dan untuk perkembangan dalam pembuatan biomaterial yang berguna untuk implant.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 10 Jul 2011 05:37
Last Modified: 05 Oct 2011 08:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item