Repository Universitas Andalas

Sintesis Magnetit Nanopartikel Secara Hidrotermal dengan Bantuan Surfaktan dan Aplikasinya dalam Penyerapan Cr (VI)

Putra, Anggi Eka (2008) Sintesis Magnetit Nanopartikel Secara Hidrotermal dengan Bantuan Surfaktan dan Aplikasinya dalam Penyerapan Cr (VI). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (Sintesis Magnetit Nanopartikel Secara Hidrotermal dengan Bantuan Surfaktan dan Aplikasinya dalam Penyerapan Cr (VI)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (481Kb) | Preview

Abstract

Magnetit merupakan salah satu material magnetik yang sangat menarik perhatian para ahli karena potensi aplikasinya yang sangat luas seperti RMI, drug delivery, manipulasi sel, sel photovoltaic, media recording, katalis, pigmen, lithium ion battery serta penyerapan logam radioaktif dan logam berat. Beberapa metoda telah dikembangkan untuk menghasilkan magnetit untuk aplikasi-aplikasi tersebut, diantaranya metoda hidrotermal. Metoda hidrotermal memiliki keunggulan dalam pembuatan magnetit, karena bekerja pada tekanan yang tinggi serta suhu antara titik didih dan kritis air akan menghasilkan magnetit dengan kristalinitas tinggi. Dengan bantuan surfaktan maka metoda ini akan makin baik karena surfaktan akan memfasilitasi pembentukan nanopartikel. Dengan kristalinitas yang tinggi serta ukuran yang halus maka dihasilkan magnetit dengan momen magnet yang tinggi. Hal ini memiliki potensi untuk digunakan sebagai adsorben logam berat karena dapat dipisahkan hanya dengan memberikan medan magnet dari luar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mensintesis dan mengkarakterisasi magnetit nanopartikel dengan menggunakan metode hidrotermal dengan bantuan surfaktan DEA dan PEG, 2) Mengetahui pengaruh penambahan surfaktan PEG dan DEA magnetit nanopartikel yang dihasilkan. 3) Mendapatkan data awal tentang kemampuan magnetit yang dihasilkan dalam penyerapan Cr (VI).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Paca Sarjana > Strata 2 > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 10 Jul 2011 05:37
Last Modified: 10 Oct 2011 08:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15396

Actions (login required)

View Item View Item