Repository Universitas Andalas

EVALUASI KAPASITAS SALURAN DRAINASE TERHADAP BANJIR MAKSIMUM DI JALAN ANGGUR I DAN II KAWASAN PERUMAHAN BELIMBING

Roza, Elvira (2008) EVALUASI KAPASITAS SALURAN DRAINASE TERHADAP BANJIR MAKSIMUM DI JALAN ANGGUR I DAN II KAWASAN PERUMAHAN BELIMBING. Other thesis, Fakultas Teknologi Pertanian.

[img]
Preview
PDF (EVALUASI KAPASITAS SALURAN DRAINASE TERHADAP BANJIR MAKSIMUM DI JALAN ANGGUR I DAN II KAWASAN PERUMAHAN BELIMBING) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (551Kb) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul "Evaluasi Kapasitas Saluran Drainase Terhadap Banjir Maksimum di Jalan Anggur I dan II Kawasan Perumahan Belimbing" ini telah dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2010 di kawasan Perumahan Belimbing, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi kapasitas maksimum saluran drainase di kawasan Jalan Anggur I dan II dengan membandingkan debit banjir rencana dan kapasitas saluran drainase. Pada penelitian dilakukan pengukuran dimensi dan kemiringan saluran di lapangan untuk mendapatkan kapasitas maksimum saluran. Kemudian dibandingkan dengan debit banjir rencana peroide ulang 2,5,10,25, dan 50 tahun yang dihitung dari data curah hujan harian maksimum periode 10 tahun (tahun 1999-2008). Kawasan Jalan Anggur I dan II pada Perumahan Belimbing memiliki 2 saluran tersier pada kiri dan kanan badan jalan, yang masing-masingnya dibagi menjadi 3 segmen A1, B1, C1 pada ruas kiri dan A2, B2, C2, pada ruas kanan. Setiap segmen punya kapasitas berbeda dalam menampung debit banjir rencana. Segmen B2 dan C1 mempunyai kapasitas saluran lebih besar, dengan rasio perbandingan antara kapasitas saluran dan debit banjir melebihi 100 %. Artinya segmen tersebut mempunyai kemampuan cukup untuk menampung debit banjir rencana yang diperhitungkan. Sedangkan untuk segmen A1, B1, A2, dan C2 mempunyai kapasitas saluran yang jauh lebih kecil dengan rasio perbandingan antara kapasitas salurannya dengan debit banjir kurang dari 100 %, sehinggga saluran tersebut mengalami banjir. Secara umum perbandingan antara debit banjir yang terjadi dan kapasitas saluran pada saluran drainase Jalan Anggur I dan II umumnya < 100 % , artinya kapasitas saluran drainase pada Jalan Anggur I dan II ini lebih kecil bila dibandingkan dengan debit banjir yang harus ditampung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 10 Jul 2011 05:34
Last Modified: 12 Oct 2011 03:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item