Repository Universitas Andalas

ANALISIS AIR BAK PENDEDERAN BENIH IKAN KERAPU BEBEK DI NAGARI MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN TERHADAP SUHU, pH, DO, BOD, SALINITAS DAN LOGAM BERAT (Cu, Mn, As)

Indriani, Willia Kusuma (2008) ANALISIS AIR BAK PENDEDERAN BENIH IKAN KERAPU BEBEK DI NAGARI MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN TERHADAP SUHU, pH, DO, BOD, SALINITAS DAN LOGAM BERAT (Cu, Mn, As). Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS AIR BAK PENDEDERAN BENIH IKAN KERAPU BEBEK DI NAGARI MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN TERHADAP SUHU, pH, DO, BOD, SALINITAS DAN LOGAM BERAT (Cu, Mn, As)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (613Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang analisis air terhadap suhu, pH, DO, BOD, salinitas dan logam berat (Cu, Mn, As) pada bak pendederan benih ikan kerapu bebek di Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan telah dilakukan. Tujuan analisis adalah untuk mengetahui kualitas air laut dan tingkat pencemaran pada daerah budidaya ikan tersebut. Pengambilan sampel di 10 titik sampel diambil secara random, sampel diawetkan dengan HNO3 pekat yang kemudian diukur dengan spektrofotometer serapan atom tungku grafit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, yang ditentukan adalah suhu, pH, oksigen terlarut (DO), kebutuhan oksigen biokimia (BOD), salinitas dan kandungan logam berat (Cu, Mn dan As). Data yang diperoleh untuk penentuan suhu berkisar antara 28,8-30,2 'C, pH 8-9, DO 3,03-5,8 mg/l, BOD 2,58-5,2 mg/l, salinitas 31-34 (%). Untuk kandungan logam Cu tidak terdeteksi, logam Mn berkisar antara 15-56 ug/l dan logam As 0,33-7,52 ug/l. Berdasarkan data tersebut, maka kualitas air laut pada budidaya ikan kerapu bebek di Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan untuk parameter suhu, pH, BOD, salinitas dan kandungan logam Cu, Mn dan As masih dalam nilai ambang batas menurut keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.51-2004 tentang baku mutu air laut untuk biota laut sedangkan untuk penentuan DO dibawah nilai ambang batas yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 11 Jul 2011 23:21
Last Modified: 04 Oct 2011 07:29
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item View Item