Repository Universitas Andalas

Penelitian Tentang Kupu-Kupu (Rhopalocera) di Kawasan Cagar Alam Malampah, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat

Silvera, Astri (2010) Penelitian Tentang Kupu-Kupu (Rhopalocera) di Kawasan Cagar Alam Malampah, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (Penelitian Tentang Kupu-Kupu (Rhopalocera) di Kawasan Cagar Alam Malampah, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (612Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang kupu-kupu (Rhopalocera) di Kawasan Cagar Alam Malampah, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat telah dilakukan dari bulan Mei sampai Agustus 2010 di Cagar Alam Malampah, Kabupaten Pasaman dan Laboratorium Taksonomi Hewan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies kupu-kupu apa saja yang terdapat di Kawasan Cagar Alam Malampah, Kabupaten Pasaman, Sumtera Barat. Penelitian ini dilakukan dengan survei dan koleksi langsung di daerah pengamatan dengan metode tangkap langsung, metode perangkap Cylindrical Gauze dan metode umpan. Dari penelitian ini ditemukan 275 individu yang terdiri dari sembilan famili, 67 genus, 93 spesies dan 95 subspesies. Famili dari kupu-kupu yang tertangkap adalah famili Amathusidae, Danaidae, Hesperiidae, Lycaenidae, Nymphalidae, Papilionidae, Pieridae, Riodinidae dan Satyridae. Jumlah spesies terbanyak pada famili Nymphalidae yang terdiri dari 28 genus, 34 spesies dan 35 subspesies dan yang paling sedikit yaitu dari family Hesperiidae dan Riodinidae yang masing-masingnya terdiri dari dua genus, dua spesies dan dua subspesies.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Biologi
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Biologi
Fakultas MIPA > Biologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 22 Sep 2011 07:45
Last Modified: 22 Sep 2011 07:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item