Repository Universitas Andalas

PENENTUAN MUATAN LISTRIK ELEKTRON BERDASARKAN PENGUKURAN VOLUME GAS OKSIGEN DENGAN METODA ELEKTROLISIS AIR

Ningsih, Widia (2010) PENENTUAN MUATAN LISTRIK ELEKTRON BERDASARKAN PENGUKURAN VOLUME GAS OKSIGEN DENGAN METODA ELEKTROLISIS AIR. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENENTUAN MUATAN LISTRIK ELEKTRON BERDASARKAN PENGUKURAN VOLUME GAS OKSIGEN DENGAN METODA ELEKTROLISIS AIR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (561Kb) | Preview

Abstract

Penentuan muatan listrik elektron dari transfer energi listrik ke energi kimia melalui metoda elektrolisis air diteliti berdasarkan pengukuran volume gas oksigen yang dihasilkan dari proses dissosiasi air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan meningkatkan kekuatan arus listrik dari 0,00045 s/d 0,001818 A pada waktu 30 s/d 180 menit jumlah volume gas oksigen yang dihasilkan juga meningkat baik untuk pemakaian isi pensil sebagai elektroda karbon maupun silet sebagai elektroda stainles steel. Penambahan KCl kedalam larutan elektrolit ternyata meningkatkan laju volume gas oksigen yang dihasilkan bila dibandingkan dengan tanpa KCl. Penentuan muatan listrik elektron yang dihitung dari hasil percobaan dengan pemakaian isi pensil sebagai elektroda karbon adalah 1,68 x 10^-19 C dan 1,63 x 10^-19 C bila ditambah KCl, sedangkan dengan silet sebagai elektroda stainles steel diperoleh 1,67 x 10^-19 C dan 1,49 x 10^-19 C dengan ditambah KCl. Hasil perhitungan muatan listrik elektron kedua elekfoda hasil percobaan ternyata tidak begitu berbeda dengan nilai muatan listrik elektron yang dihitung secara teori yaitu 1,6 x 10^-19 C. Terjadinya sedikit penyimpangan dari nilai muatan listrik elekron yang dihitung berdasarkan hasil percobaan bila ditambahkan KCl disebabkan karena kerusakan elektroda akibat keberadaan elektrolit tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Sep 2011 03:52
Last Modified: 21 Sep 2011 03:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item