Repository Universitas Andalas

PENGARUH PERENDAMAN BETON PC I PT. SEMEN PADANG DALAM AIR LAUT DAN AIR TAWAR TERHADAP SIFAT KUAT TEKAN

Utama, Ade Putra (2010) PENGARUH PERENDAMAN BETON PC I PT. SEMEN PADANG DALAM AIR LAUT DAN AIR TAWAR TERHADAP SIFAT KUAT TEKAN. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PERENDAMAN BETON PC I PT. SEMEN PADANG DALAM AIR LAUT DAN AIR TAWAR TERHADAP SIFAT KUAT TEKAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555Kb) | Preview

Abstract

Dunia konstruksi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dimana sering dihadapkan pada masalah-masalah kegagalan struktur. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti korosi pada beton, gempa bumi dan kecelakaan. Beton PC I PT. Semen Padang merupakan salah satu beton yang banyak digunakan saat ini. Perkembangan teknologi beton saat ini mengarah pada usaha untuk pembuatan beton yang tahan terhadap lingkungan agresif dan mencari solusi terhadap masalah di atas. PT. Semen Padang berusaha melakukan penelitian terutama diarahkan pada pengaruh perendaman beton jenis PC I dalam air laut dan dalam air tawar terhadap sifat kuat tekan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pengaruh perendaman terhadap sifat kuat tekan didapat dengan memvariasikan waktu perendaman dari 3, 7, 14 dan 28 hari. Beton yang direndam pada air tawar menunjukkan nilai kuat tekan yang lebih baik dari pada beton yang direndam dengan air laut. Kuat tekan yang lebih baik didapat pada saat beton berumur 28 hari. Nilai kuat tekan beton air tawar pada umur 28 hari adalah 277,70 kg/cm^2 sedangkan untuk beton air laut nilai kuat tekan yang didapat pada umur 28 hari adalah 257,74 kg/cm^2. Hal ini disebabkan oleh karena air laut memiliki kandungan sulfat dan garam lain yang dapat menyebabkan expansi volume pada beton. pH air laut yang digunakan sebagai air perendaman nilainya semakin turun jika dibandingkan dengan pH air tawar yang digunakan sebagai air perendaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 21 Sep 2011 06:36
Last Modified: 21 Sep 2011 06:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item View Item