Repository Universitas Andalas

OPTIMASI FERMENTASI UNTUK PRODUKSI AMILASE DARI Aspergillus niger ISOLAT LIMBAH PADAT TAPIOKA

Wahyuni, Helen (2010) OPTIMASI FERMENTASI UNTUK PRODUKSI AMILASE DARI Aspergillus niger ISOLAT LIMBAH PADAT TAPIOKA. Other thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
PDF (OPTIMASI FERMENTASI UNTUK PRODUKSI AMILASE DARI Aspergillus niger ISOLAT LIMBAH PADAT TAPIOKA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (474Kb) | Preview

Abstract

Telah dilakukan optimasi fermentasi untuk produksi amilase dari Aspergillus niger isolat limbah padat tapioka. Pada isolasi ini digunakan media agar tepung beras, sehingga didapatkan isolat Aspergillus niger. Untuk optimasi produksi amilase dilakukan pada lama waktu fermentasi, pH fermentasi dan variasi konsentrasi substrat fermentasi. Untuk optimasi lama fermentasi dilakukan selama 144 jam dengan selang waktu 24 jam, didapatkan lama fermentasi optimum pada selang waktu 96 jam. Untuk optimasi pH fermentasi digunakan buffer fosfat pada pH 6,0 sampai 8,0 dengan rentang 0,5, didapat pH optimum produksi enzim pada pH 6,5. Dan untuk variasi konsentrasi substrat fermentasi digunakan amilum dengan konsentrasi 1, 2, 3, 4 dan 5 %, dan didapatkan konsentrasi substrat fermentasi optimum pada konsentrasi 3 %. Aktivitas enzim ditentukan dari jumlah gula reduksi yang dihasilkan dengan menggunakan metoda Somogyi-Nelson. Dan kemudian dilakukan pengujian terhadap konsentrasi substrat inkubasi untuk melihat aktivitas enzim yang telah diproduksi dengan variasi amilum 1,2,3, 4 dan 5 %-. Dari aktivitas enzim optimum yang diproduksi dengan substrat amilum 3 % dengan aktivitas 0,0229 mikro mol/ml.menit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Kimia
Paca Sarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Kimia
Fakultas MIPA > Kimia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 22 Sep 2011 03:00
Last Modified: 22 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15529

Actions (login required)

View Item View Item