Repository Universitas Andalas

MATERIALISTIC WAY OF LIFE AS AN IMPACT OF FALSE CONSCIOUSNESS AS FOUND IN EMILY BRONTE'S WUTHERING

Sari, Intan Permata (2010) MATERIALISTIC WAY OF LIFE AS AN IMPACT OF FALSE CONSCIOUSNESS AS FOUND IN EMILY BRONTE'S WUTHERING. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (MATERIALISTIC WAY OF LIFE AS AN IMPACT OF FALSE CONSCIOUSNESS AS FOUND IN EMILY BRONTE'S WUTHERING) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (592Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini menganalisis novel karya Emily Bronte yang berjudul Wuthering Heights. Analisis ini menunjukkan bahwa revolusi industri di Inggris tidak hanya menunjukkan perjuangan kelas pada kaum buruh (pekerja) tapi juga kesadaran berkelas yang pada akhirnya menimbulkan kesadaran yang salah. Kesadaran yang salah itu tergambarkan melalui kebiasaan hidup yang materialistik. Selain itu, melalui skripsi ini penulis juga menggambarkan peranan uang pada masyarakat Inggris pada abad ke-18. Untuk menganalisis permasalahan yang dikemukakan pada skripsi ini, penulis menggunakan kritik Marxisme yang didukung oleh Tyson. Analisis ini juga mengaplikasikan pendekatan mimetik yang mana dalam analisis ini penulis mengaitkan data fiksi dengan data non fiksi. Penulis menerapkan metode kualitatif yaitu pengumpulan data bentuk tulisan, opini, kritik atau argumen. Penulis juga mengutip beberapa bagian dari novel sebagai data primer. Hasil analisis menunjukan bahwa peranan uang pada zaman industri revolusi di Inggris cenderung memberi dampak buruk pada masyarakat Inggris seperti yang tergambar pada novel Wuthering Heights karya Emily Bronte. Uang membentuk pribadi manusia. Tingkah laku manusia dalam menghasilkan uang cenderung salah sehingga disebut juga dengan kesadaran yang salah. Bentuk-bentuk kesadaran yang salah disebabkan oleh uang yang tergambar dalam novel tersebut yang juga refleksi dari keadaan masyarakat pada abad ke-18 di Inggris adalah: adanya kebiasaan hidup yang materialistik. Kesadaran yang salah yang mengakibatkan hidup yang materialistik bisa terlihat dalam dua hal, yaitu: menjadikan manusia sebagai objek komodifikasi (commodification) dan memperlakukan manusia berdasarkan harta yang dimiliki (classism).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 22 Sep 2011 04:05
Last Modified: 22 Sep 2011 04:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/15535

Actions (login required)

View Item View Item